Education

Playship by Hoopla!: Cara Baru Berlangganan Mainan Anak

By  | 

Play is essential to development because it contributes to the cognitive, physical, social, and emotional well-being of children – American Academy of Pediatrics.

As a smart mama, kami yakin Anda selalu mengusahakan yang terbaik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil; terutama melalui aktivitas bermainnya (Baca: Berbagai Manfaat Bermain Bagi Si Kecil) Kini, mamas dapat memanfaatkan sistem rental & berlangganan mainan: A new way to play from Playship by Hoopla!

hoopla 2

Toy subscription boxes for children in the age of 6 months – 3 yo.

Setelah berlangganan, Mamas akan mendapatkan paket berupa kotak permainan yang berisi 4 mainan edukatif sesuai usia & milsetone Si Kecil. Setiap bulannya, Playship by Hoopla! mengirimkan jenis mainan berbeda: Masing -masing educational toy untuk melatih kemampuan motorik, sosial/emosional, kognitif, serta berbahasa.

Ki - Ka: Erica & Natasha

Ki – Ka: Erica & Natasha

Didirikan oleh 2 orang mamas Erica Pramesty, mama dari Tasha (2) & Natasha Guna, mama dari Audrina (2), Altair (4 mos) yang dalam pengalamannya membesarkan anak, menemukan kendala dalam menyesuaikan kebutuhan mainan berkualitas dengan daya pakai yang sangat cepat. Tingkat kebosanan yang tinggi membuat mainan – mainan tidak lagi digunakan dalam waktu singkat, “Selain itu, secara rutin kami akan mengadakan seminar parenting untuk menyadarkan orang tua tentang pentingnya bermain dalam dunia anak – anak,” ujar keduanya.

Apa saja jenis mainannya?

Tentu saja berbeda bagi setiap anak. Sebagai langkah awal, mamas akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait perkembangan Si Kecil sesuai usia dan milestone. Playship by Hoopla! memiliki tim ahli penyusun kurikulum bermain yang akan memilih jenis mainan berdasarkan kebutuhan. Kurikulum dari permainan ini mereka sebut Playcademy.

1. Usia 6 – 9 bulan: Dalam tahapan usia ini, anak – anak sedang belajar untuk duduk, bergerak & merespon setiap rangsangan dari sekelilingnya. Jenis mainan yang dibutuhkan antara lain mengandung unsur suara, cahaya, atau gambar dalam ukuran yang besar dan mudah untuk digunakan.

hoopla 5

2. Usia 9 – 12 bulan: Si Kecil mulai belajar untuk berbicara satu kalimat, belajar berjalan dengan bantuan, mulai menikmati buku bergambar dalam waktu lebih lama & mulai mengenal rasa takut. Jenis mainan yang dibutuhkan untuk dapat menstimulasi kemampuan motoriknya melalui buku atau mainan sentuh yang bertekstur sehingga dapat melatih indra peraba & mengembangkan kemampuan berbahasa.

3. Usia 12 – 15 bulan: Ia akan mulai belajar untuk berjalan tanpa bantuan, mulai mengenali dirinya sendiri, sudah dapat menikmati lagu dan cerita pendek, serta senang mengeksplorasi lingkungan sekitar. Jenis mainan yang dibutuhkan seperti ring penyusun (stacking ring), story books yang menampilkan tekstur (touch and feel book), simple puzzle with giant knob.

Contoh jenis mainan yang disewakan di Playship by Hoopla!

Contoh jenis mainan yang disewakan di Playship by Hoopla!

4. Usia 15 – 18 bulan: Sudah berjalan sendiri, memahami kata & lagu kesukaannya, hingga mampu menirukan aktivitas ringan yang dillihat di sekitar rumah. Jenis mainan yang dibutuhkan seperti water play toys, push and pull toys, menyusun balok dengan tingkat kerumitan yang semakin bertambah, atau pretend play toys yang interaktif yang bisa mengeluarkan suara

5. Usia 18 – 24 bulan: Berlari, mampu mengkombinasikan beberapa kata, serta memahami beberapa aspek emosi. Jenis mainan yang dibutuhkan adalah permainan alfabet atau permainan berhitung, dan permainan pretend play toys yang lebih open ended (tanpa suara)

6. Usia 24 – 36 bulan: Mulai dapat mengikuti perintah, menggambar, dan menikmati waktu bermain bersama teman – teman sebaya & masa persiapan untuk masuk sekolah. Jenis mainan yang dibutuhkan seperti magnetic toys, lacing toys,  puzzle angka, dan alat musik untuk meningkatkan kemampuan motorik serta social skills.

hoopla 6

Subscribe. Receive. Exchange. Cara smart untuk mendapatkan mainan edukatif anak dalam satu langkah ya, Mams? Dengan harga berlangganan mainan mulai dari Rp 339.000 per bulan, kini mamas dapat memenuhi kebutuhan permainan Si Kecil dengan harga yang hemat sesuai dengan perkembangan usianya.

Melalui #SmartMamaQuiz kali ini, Playship by Hoopla! akan membagikan 5 voucher berlangganan gratis selama 1 bulan untuk Mamas yang beruntung. Share pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah tentang cara Mamas menstimulasi kemampuan motorik, kognitif, sosial/emosional & berbahasa (pilih salah satu) Si Kecil dalam rentang usianya saat ini?

Periode kuis 20 – 24 September 2017, pemenang akan diumumkan melalui akun social media @thesmartmamas. In play, children learn how to learn, so yes, happy sharing! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Playship by Hoopla, Instagram)

 

Shares