Interior Design

Kesan Playful Pada Ruang Makan Bernuansa Tropical

By  | 

Memiliki ruang makan dengan nuansa tertentu akan memberikan keunikan ruangnya. Salah satu tema yang bisa digunakan pada ruang makan yaitu nuansa tropical. Tropical memberikan suasana yang ceria dan eksotis ke dalam ruangan. Banyak sekali versi untuk mendesain ruang makan yang tropical. 

Ruangan dengan nuansa tropical memiliki warna dan kesan yang jauh berbeda dengan ruang makan tradisional dan formal pada umumnya. Tersimpan kesan ‘playful’ pada ruangan dengan tema tersebut. Warna yang terang dan tegas akan menguatkan suasana tropis. Berikut beberapa contoh ruang makan dengan tema tropical.

Ruang makan di sudut ini menggunakan warna yang cerah dan tropical. Warna kuning mendominasi ruangan sehingga tampak atraktif. Warna ini tentunya tidak akan ketinggalan jaman dan memberikan kecerahan serta keceriaan pada ruangan. Sehingga ruang makan jadi lebih fresh.

Tropical-breakfast-nook-with-colorful-seating

Warna hijau sudah menunjukkan nuansa alam yang segar. Garis yang jelas pada karpet dan dekorasi kayu mid-century di berbagai elemen furniture ruang makan melengkapi nuansa tropis dengan sempurna. Bahkan pot gantung di ruangan ini pun memperkuat kesan tropis.

0a45579dba1a3a8da630e27ca6a98cbb--conservatory-ideas-conservatory-dining-room

Suasana tropical bisa juga diberikan melalui pemilihan material pelingkup ruangan. Dengan material alami di seluruh ruangan dan tanaman yang tumbuh di sekitarnya akan menambahkan kesan tropis dan etnik. Bentukan kursi dan meja makan pun menyesuaikan dengan tema garis vertikal pada partisinya.

785fe2a10d3cd2b43778fe2e7624586c--tropical-wallpaper-hawaiian-wallpaper

Warna netral seperti warna putih jika dipadukan dengan warna coklat kayu pun bisa menimbulkan pengalaman nuansa tropis. Dengan pola kayu yang tidak hanya berdasar pada satu warna pada mejanya, memberikan aksen unik yang kentara. Ruang makan yang berada dekat dengan area outdoor rumah menyajikan kesejukan dari udara luar menuju ke dalam ruangan.

be79e022aed45e55f49a2e7a91c1ca56

Warna hitam atau biru tua merupakan warna yang kuat dengan kesan spiritual. Warna ini sering sekali dikaitkan dengan nuansa tropis dan eksotis. Mengkombinasikan warna ini dengan tanaman indoor dan juga tirai berbunga memberikan dekorasi yang manis pada ruang makan. Tirai dengan motif dedaunan pada jendela pun memiliki aksen tropis yang tidak berlebihan.

49420f492fc0e8b1e8939a0e2b9a1bd6--grey-dining-rooms-eames-dining-room

 

(Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares