Career

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memutuskan Berhenti Bekerja

By  | 

Banyak alasan yang menyebabkan seseorang memutuskan berhenti dari pekerjaannya. Bisa karena alasan ingin mencari pekerjaan yang jaraknya lebih dekat dari rumah, ataupun ingin mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi. Namun di luar kedua alasan tadi, sebuah studi menunjukkan 5 alasan terbesar seorang karyawan untuk berhenti bekerja, yaitu: Tidak ada kenaikan gaji, lingkungan kerja tidak nyaman, karier tidak berkembang, terlalu sering lembur, dan tidak ada support dari atasan.

Lalu manakah yang jadi alasan Anda sehingga memutuskan untuk berhenti bekerja? Smart Mama yakin kalau Anda tentunya sudah berpikir panjang sebelum mengambil keputusan untuk berhenti bekerja dari perusahaan yang beberapa waktu terakhir ini menjadi tempat Anda berkarier. Namun sudahkah Anda melakukan beberapa hal ini? Bila belum, coba deh Mams lakukan terlebih dahulu ke 4 hal ini sebelum mengundurkan diri.

1. List pekerjaan Anda. Buatlah daftar apa saja job description Anda disini, apa yang Anda suka dan tak disukai dari pekerjaan-pekerjaan tersebut serta yang menjadi kendala dari setiap pekerjaan ini. Di sini, Mamas akan melihat mana yang lebih banyak, yang disuka atau yang dibenci?

2. Raih setiap kesempatan. Jangan hanya mengerjakan pekerjaan yang memang sudah jadi job description anda saja, Mams. Bila terbuka kesempatan untuk berkontribusi di proyek lain, kenapa tak dicoba?

 

They have a great working relationship

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Berkomunikasi dengan Si Bos. Performa kerja Anda tak bisa dinilai oleh diri Anda sendiri saja, namun juga harus dari pihak lain, salah satunya adalah Si Bos yang berhubungan langsung dengan Anda. Komunikasikan hal ini dengan atasan Anda. Cari tahu bagaimana penilaian Si Bos tentang performa kerja Anda, sisi lebih dan kekurangannya. Dari situ Anda akan melihat apa saja yang perlu ditingkatkan dari kekurangan Anda, dan yang jadi kelebihan Anda, akan dapat memotivasi Anda untuk bisa lebih baik lagi.

4. Perbanyak Ilmu. Bila dirasa perusahaan tidak pernah mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill karyawannya, bukan berarti Anda kemudian bisa terima begitu saja. Gali terus ilmu baru melalui seminar, konferensi ataupun workshop yang dapat memperdalam skill Bila perusahaan tak bisa menanggung biayanya, toh Anda tetap bisa melakukannya sendiri bukan, Mams? Toh hasilnya juga Anda yang merasakan nantinya.

Bila Anda sudah melakukan ke 4 hal diatas dan menurut anda mengundurkan diri adalah yang terbaik, maka tak perlu ragu, raihlah karier cemerlang Anda di tempat lain ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares