Parenting

Seri Pembaca Kecil, Rekomendasi Bacaan Bagi Balita

By  | 

Hi Mams! Tahukah Anda bahwa sejak usia bayi, anak – anak sudah mulai bisa diajarkan membaca? Berbagai manfaat dapat mereka rasakan, mulai dari fokus yang terlatih, dapat memahami perkembangan bahasa, hingga aspek sosial sederhana.

2 dari 5 judul buku "Seri Pembaca Kecil"

2 dari 5 judul buku “Seri Pembaca Kecil”

Salah satu rekomendasi Smart Mama untuk Anda yang sedang mencari buku bacaan bagi Si Balita adalah “Seri Pembaca Kecil”. Penulisnya, Renny Yaniar, telah menulis lebih dari 200 judul buku anak yang menarik sebagai media pembelajaran. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas kontennya ya, Mams.

Nah, melalui 5 seri buku yang didesain khusus untuk balita ini, anak – anak akan diajak mengenal & menyayangi keluarga, berkomunikasi dengan para tetangga di rumah, menjelajahi lingkungan, serta mengenal konsep waktu. Dilengkapi dengan ilustrasi sederhana & menarik, cerita dari tokoh utama gadis cilik bernama Mima akan menjadi teman bagi Si Kecil memahami lingkungan sekitarnya.

seri pembaca 3

“Di rentang usia balita, anak – anak sudah bisa diperkenalkan pada anggota badannya, anggota keluarganya, para tetangganya, rumahnya,  lingkungan sekitarnya, dan kehidupannya sehari-hari. Balita punya rasa ingin tahu, yang bisa dijawab salah satunya lewat cerita,” ujar Renny.

Menyempatkan diri membacakan cerita untuk Si Kecil secara rutin dapat membantu membangun imajinasi serta meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa lho, Mams. “Harapan saya dengan hadirnya buku ini, dapat membentuk kebiasaan membaca di tengah keluarga, secara teratur minimal 20 menit setiap kali. Lebih bagus kalau bisa setiap hari, karena tidak hanya akan meningkatkan bonding time anak & orangtua, membaca dapat menambah kosakata bahasa bagi Si Kecil,” tutupnya.

seri pembaca 4

Berikut tip memilih buku bacaan anak untuk usia balita menurut Renny Yaniar:

1. Pertimbangkan isi & konten ceritanya, yang disesuaikan dengan usia anak, menarik, memberikan informasi, menghibur, serta dapat mengembangkan imajinasinya.

2. Pilih buku cerita dengan kalimat pendek yang bisa dibacakan/didongengkan.

3. Pemilihan ilustrasi yang tidak hanya bagus, namun juga jelas bentuknya serta berwarna. Hal ini dimaksudkan agar mereka juga dapat sekaligus belajar mengenal warna. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Gramedia)

Shares