Relationship

Bisnis Bersama Pasangan, Mengapa Tidak? Ini Idenya!

By  | 

Mamas, dewasa ini berbagai bisnis baru marak bermunculan, mulai dari bisnis kuliner, aplikasi, hingga otomotif. Nah, daripada Anda bermitra dengan teman atau kolega yang memiliki potensi pecah kongsi, tak ada salahnya jika Anda berpartner dengan suami. Selain menimalisasi perpecahan, Anda dan suami juga memiliki quality time lebih banyak, dan bisnis yang Anda rintis berdua dapat dijadikan tabungan untuk masa tua nanti. Apa saja bisnis yang bisa Anda lakukan dengan pasangan? Berikut idenya!

1. Kafe atau Restoran

Bisnis yang satu ini memang tengah digemari oleh masyarakat, pasalnya pecinta kopi di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Gaya hidup yang serba sibuk juga membuat banyak orang lebih memilih makan di restoran, sehingga kebutuhan akan tempat makan yang baru dan lezat juga meningkat. Manfaatkan kondisi ini dengan membuka gerai baru yang berbeda. Dalam bisnis ini, diferensiasi memang sangat dibutuhkan, hindari membuka kedai atau restoran dengan konsep yang sama dengan orang lain. Jika suami hobi memasak atau meracik kopi, maka ia yang in charge untuk urusan dapur, sementara Anda mengurus manajemen juga marketing. Begitu pula sebaliknya.

2. E-Commerce

Berjualan produk secara online juga dapat dilakukan, apalagi jika salah satu dari Anda mengerti betul konsep retail dan IT. Jika tidak, ada baiknya Anda dan pasangan mempelajari terlebih dahulu seputar bisnis ini dengan orang yang ahli. Selain itu, Anda dan pasangan juga wajib research seputar produk yang digemari oleh pasar.

Couple Of Photographers With Vintage Camera

3. Fotografi

Jika salah satu dari Anda atau bahkan dua-duanya menyukai fotografi, sebaiknya salurkan bakat Anda dan pasangan menjadi bisnis yang menjanjikan. Pertajam skill masing-masing dengan menemukan keahlian tertentu dalam bidang ini. Misalnya, ternyata suami lebih ahli memotret keluarga dan objek yang hidup, sementara hasil foto Anda lebih bagus untuk makanan atau benda lainnya. Nah, Anda berdua bisa berkolaborasi untuk membuat paket fotografi sesuai dengan kebutuhan klien.

4. Clothing

Bisnis yang satu ini juga tengah berkembang pesat, dan Anda dapat memanfaatkan media Instagram untuk melakukan penjualan. Jika Anda menyukai fashion design, maka Anda dapat memproduksi sendiri pakaian jadi yang selanjutnya dijual dengan harga tertentu. Dalam hal ini, suami dapat berperan sebagai admin sosial media, marketing dan distribusi. Alternatif lain, Anda dan pasangan juga dapat menjual pakaian jadi yang unik dan tidak dijual di Indonesia. Anda dan suami dapat berbelanja ke negara tertentu, kemudian menjual produk-produk tersebut di dalam negeri. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares