Health

Asupan Gula Saat Hamil VS Alergi pada Bayi

By  | 

Apakah terlalu banyak mengonsumsi gula saat hamil dapat meningkatkan risiko alergi pada bayi? Hmm… sebuah studi menunjukkan kalau ini ada kaitannya lho, Mamas to be!

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, jumlah gula yang Anda konsumsi selama kehamilan tak hanya memengaruhi kesehatan Anda namun juga dapat meningkatkan risiko bayi Anda dilahirkan dengan alergi atau asma.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah mengamati data dari sekitar 9.000 pasang mama – anak. Para peneliti menimbang asupan gula para mama saat hamil melalui kuesioner yang di isi oleh para calon mama dengan reaksi alergi anak seperti eksim, demam, wheezing (nafas yang berbunyi), dan asma yang didiagnosis oleh dokter anak. Dan dari situ para peneliti menemukan bahwa risiko alergi pada anak ada kaitannya dengan kadar gula yang dikonsumsi oleh para mama selama mereka hamil.

 

Donuts on the table

 

Namun menurut peneliti Seif Shaheen dalam sebuah rilis yang diterbitkan oleh Queen Mary University of London, ia menyebutkan bahwa hasil penelitian ini masih harus diperkuat dengan melakukan penelitian yang serupa pada kelompok mama – anak yang lain. “Langkah pertama adalah melihat apakah kita bisa mendapatkan hasil penelitian yang sama dari kelompok mama dan anak yang berbeda. Jika bisa, maka kita akan merancang sebuah percobaan untuk menguji apakah kita bisa mencegah alergi dan asma pada anak dengan mengurangi konsumsi gula pada ibu selama kehamilan.”

Walau begitu, Shaheen tetap menyarankan para calon mama untuk tetap menjaga kadar asupan gula selama hamil. “Sementara ini kami tetap merekomendasikan agar ibu hamil tetap mengikuti panduan yang ada saat ini dan menghindari konsumsi gula yang berlebihan.”

Namun jangan kemudian Anda jadi takut makan ice cream ya, Mams. Anda masih bisa kok tetap makan ice cream atau cake cokelat favorit Anda, hanya saja tetap batasi kadar gulanya, ya! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares