Health

Ini Trik Memilih Sepatu Lari yang Tepat!

By  | 

Mamas, beberapa tahun belakangan ini olahraga jogging dan lari memang tengah populer ya. Tak heran, olahraga tersebut memang terkesan praktis, tidak membutuhkan waktu khusus, tidak butuh biaya, juga tanpa efek samping. Namun demikian, salah satu kunci dari keberhasilan jogging dan lari terletak pada sepatu yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda cedera akibat mengenakan sepatu yang salah. Yuk ikut tip berikut.

1. Kenali bentuk kaki Anda. Kaki setiap orang berbeda-beda, ada yang lebar di bagian depan, ada pula yang memanjang. Kenali dulu bentuk kaki, sehingga Anda dapat memilih sepatu lari yang sesuai. Jika kaki Anda lebar di bagian depan, tentu saja jangan memilih sepatu lari yang depannya menyempit. Kini, beberapa toko olahraga menyediakan alat untuk menganalisa bentuk maupun kekuatan kaki Anda. Tak ada salahnya dicoba agar sepatu lari yang Anda pilih sesuai dengan kaki.

2. Ukuran yang pas. Terkadang karena Anda sudah menyukai modelnya, ukuran sepatu yang kurang atau lebih sedikit dari ukuran Anda tetap Anda beli. Untuk sepatu jogging dan lari, sebaiknya Anda membeli ukuran yang betul-betul pas ya, Mams.

Legs of athletes

3. Coba dalam waktu yang agak lama. Tak hanya mencoba ukuran, untuk sepatu lari Anda juga perlu mencoba kenyamanannya. Anda bisa mencobanya dengan mengelilingi area toko. Dengan begitu, Anda akan mendapat bayangan apakah sepatu tersebut nyaman digunakan untuk jogging atau lari.

4. Sesuai kebutuhan. Jika Anda memilih untuk jogging atau berlari santai, maka Anda dapat memilih sepatu lari yang netral. Namun jika Anda ingin berlari dengan kecepatan tinggi, maka wajib memilih sepatu yang ringan dan free motion.

5. Sesuai selera. Meskipun tingkat kenyamanan tetap nomor satu, namun tentu saja Anda wajib memilih sepatu yang sesuai dengan selera, baik bentuk maupun warna. Hal ini penting agar Anda lebih bersemangat untuk berolahraga. Stay healthy, Mamas! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares