Finance

Smart Mengelola Tunjangan Hari Raya

By  | 

Sebagian besar Anda yang beragama muslim mungkin sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) di minggu ini. Walau THR memang sudah seharusnya dialokasikan untuk keperluan hari raya, namun karena diterima beberapa minggu sebelum hari H, seringkali THR ini langsung habis entah kemana. Sehingga Anda malah jadi kelimpungan saat harus memenuhi hal yang paling dibutuhkan saat menyambut lebaran.

Agar terhindar dari hal itu, yuk kita prioritaskan beberapa hal dibawah ini terlebih dahulu, agar THR dapat dimanfaatkan dengan optimal.

1. Zakat dan sedekah.

Baik zakat penghasilan mau pun zakat fitrah bisa Anda alokasikan dari THR ini. Alokasikan THR ANda sebesar 2,5% – 5% untuk keperluan zakat.

2. Kebutuhan di hari raya.

Umumnya pengeluaran hari raya meliputi THR bagi asisten rumah tangga (dan lainnya), konsumsi lebaran, pakaian, angpao. Untuk semua pengeluaran ini, sebisa mungkin biaya yang dikeluarkan tak lebih dari 50% dari THR ya, Mams!

Family in a car

3. Transportasi mudik.

Untuk Anda yang bepergian dengan public transportation, penghitungannya akan lebih mudah karena hanya sebatas tiket dan biaya transportasi dari dan ke stasiun atau badara udara. Namun bagi Anda yang memutuskan mudik menggunaan kendaraan pribadi, Anda harus mempertimbangkan banyak aspek seperti biaya service kendaraan sebelum pergi mudik, bensin, tol, konsumsi, dan dabna darurat selaa dalam perjalanan. Alokasi ideal untuk biaya mudik sebaiknya tak lebih dari 30% dari jumlah THR.

4. Dana darurat.

Alangkah baiknya apabila dari THR yang Anda terima, masih ada sisa yang dapat dialokasikan untuk menambah tabungan dana darurat Anda selama ini. Walau hanya 10% saja dari jumlah THR Anda, namun tetap dapat menambah jumlah dana darurat Anda.

5. Lunasi utang lebih cepat.

Setiap rumah tangga pasti punya cicilan. Baik cicilan rumah, kendaraan, hingga kartu kredit. Anda juga bisa lho Mams, menyisihkan sebagian dari THR Anda untuk mempercepat pelunasan utang Anda ini. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares