Recipe

Resep : Nasi Goreng Hongkong

By  | 

 

Jika Anda intip pembuatan nasi goreng chinese food sedikit berbeda dengan cara pembuatan nasi goreng hongkong. Karena nasi goreng hongkong hanya menggunakan sedikit minyak atau margarine saja sehingga rasanya lebih ringan ketika dimakan. Jadi,  nasi goreng ini lebih sehat dibandingkan dengan olahan nasi goreng yang sering kita buat. Salah ciri khas dari nasi goreng hongkong  adalah penggunaan aneka sayurannya. Jadi tampilannya mirip dengan nasi goreng vegetarian atau nasi goreng sayur sederhana.

Bahan :

2 cangkir nasi putih
2 sendok makan margarine
4 siung bawang putih haluskan
1 batang daun bawang iris halus
1/3 Jagung pipil (ambil biji jagungnya)
3 batang wortel kecil  (potong-potong kotak kecil ukuran 1/2 cm)
1 butir telur ayam
Air secukupnya untuk merebus

Bumbu Saus Rahasia :
1 sendok makan saus tiram
1/4 sendok teh garam , 1/4 sendok teh merica bubuk
Kaldu jamur secukupnya
1 sendok teh kecap asin
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  • Pertama-tama rebus wortel dan jagung pipil selama 7 menit ke dalam air mendidih.
  • Setelah itu siapkan wajan, masukkan margarine lalu tumis bawang putih yang sudah di haluskan tadi sampai tercium aroma sedap dengan menggunakan api kecil yang bertujuan agar bumbu tidak cepat gosong.
  • Selanjutnya masukkan telur, aduk buat orak arik telur hingga matang. Masukkan wortel dan jagung yang sudah direbus tadi. Aduk kembali sampai rata.
  • Langkah akhir masukkan nasi putih, daun bawang lengkap dengan bahan bumbu saus lainnya, aduk hingga rata. Nasi goreng hongkong ini cocok juga disajikan untuk Si Kecil sebagai menu sarapan atau bekal ke sekolah agar tidak jajan sembarangan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares