Mind

Bagaimana Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

By  | 

Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Termasuk diantaranya Anda sendiri bukan, Mams? Wajar bila setelah melakukan kesalahan, Anda akan merasa kesal dan kecewa dengan diri sendiri. Walau begitu, jangan sampai kondisi ini jadi berlarut-larut ya, Mams!

Lalu bagaimana caranya keluar dari kondisi ini? Berikut tips dari Smart Mama:

1. Luapkan Emosi.

Disini, Anda bisa meluapkan kekesalan dan kekecewaan Anda pada diri Anda sendiri, namun jangan kemudian melupakannya dengan menyakiti diri sendiri ya, Mams? Agar kondisi ini tak berlarut-larut, sebaiknya Anda batasi waktunya.

2. Kenali Masalah.

Beri waktu untuk diri sendiri kembali ke masalah yang ada. Cari tahu dimana salahnya dan bagaimana solusinya, lalu selesaikanlah dengan baik

3. Memaafkan.

Agar tak terus menerus tenggelam dalam perasaan bersalah dan memperburuk hidup Anda, ubah pola pikir Anda. sekali lagi, tak ada manusia yang sempurna dan tak pernah melakukan kesalahan. Maafkan diri Anda sendiri seperti halnya Anda memaafkan orang lain yang pernah melakukan kesalahan pada Anda.

4. Move on.

Setelah Anda sudah bisa memaafkan diri Anda sendiri, mulailah untuk kembali menata hidup Anda sendiri. Segera move on! Daripada terus memikirkan suatu masalah yang dapat menghambat kesuksesan, sebaiknya Anda mulai ‘melepaskan’ dan menjalani masa depan Anda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)  

Shares