Career

Trik Membangun Koneksi dengan Klien

By  | 

Dalam dunia kerja, koneksi bisa dibilang dapat mendukung karier Anda. Karena itu, membangun koneksi dengan klien sebaiknya mulai Anda lakukan dari sekarang. Tak hanya sekedar berbasa-basi saat ada perlunya saja dengan pekerjaan, namun ada hal lain yang perlu Anda lakukan demi menjaga jalinan relasi yang baik dan dekat dengan mereka. Berikut triknya:

1. Jaga komunikasi.

Bila biasanya Anda hanya berkomunikasi seperlunya untuk urusan pekerjaan, atau bahkan berkomunikasi melalui sarana komunikasi digital seperti SMS, e-mail, ataupun Whatsapp, maka sesekali temui secara langsung. Mengenal lebih dekat secara personal tetaplah penting untuk lebih mengenal karakter orang tersebut lebih dalam. Sesekali, buat janji bertemu langsung untuk membicarakan pekerjaan, disini Anda akan dapat mengenalnya lebih dekat.

2. Pelajari latar belakangnya.

Cara lainnya adalah dengan mencoba mencari tahu latar belakangnya. Anda bisa mengetahuinya melalui profil sosial media orang tersebut. Mencari tahu melalui LinkedIn dan juga Facebook-nya bisa membantu Anda lebih mengenal klien Anda. Dengan mengenal latar belakang rekan kerja atau klien, Anda akan lebih mudah membuka pembicaraan dengannya.

 

Two Friends At The Cafè - Women

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Jalin Pertemanan.

Dengan terjalinnya komunikasi yang baik, maka pertemanan atau bahkan persahabatan dapat terjalin. Dengan begitu, urusan bisnis akan lebih lancar dijalani. Namun tak usah memaksakan diri ya Mams, kalau memang pertemanan tak mungkin terjalin, setidaknya Anda sudah lebih dekat mengenal klien Anda. Dengan begitu, urusan pekerjaan dengannya tak lagi sekaku sebelumnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares