Parenting

Latih Si Kecil Berbuat Kebaikan di Bulan Ramadhan

By  | 

Bulan Ramadhan dapat sekaligus menjadi momen bagi kita, para Mama untuk memperkenalkan konsep berpuasa, termasuk tujuannya untuk menyebarkan kebaikan kepada Si Kecil.

Tapi, bagaimana ya caranya?

bebelac

Aktris sekaligus mama dari Adam (3) dan Hawa (10 bulan), Shireen Sungkar mengaku selalu memanfaatkan momen bulan puasa untuk memperkenalkan berbagai aktivitas kebaikan kepada anak – anak, “Saya percaya bahawa aksi kebaikan bisa dilatih sejak dini dengan memberikan mereka contoh atau aksi yang dimulai dari rumah. Misalnya saja berbagi kepada anak – anak di rumah yatim.”

Senada dengan Shireen, psikolog Roslina Verauli juga mengungkapkan bahwa kemampuan berbuat baik sejak kecil akan menjadi bekal bagi mereka untuk mampu berinteraksi dengan cara – cara yang positif dan kooperatif bersama lingkungan sekitar.

Home fun for kids

Berikut adalah contoh aktivitas kebaikan yang dapat dilatih sejak dini kepada anak – anak selama bulan puasa:

1. Mengajak Si Kecil untuk menghormati orang yang sedang berpuasa dengan makan di tempat lain.

2. Membantu Mama mempersiapkan hidangan berbuka/sahur. 

3. Mengingatkan teman sebayanya untuk mengikuti sholat tarawih dan tidak mengganggu jemaah lain saat berada di masjid.

“Tidak ada istilah gagal bagi anak untuk terus mencoba melakukan hal baik. Berikan selalu suntikan semangat dengan mengucapkan kalimat pujian, bahwa ia akan bisa melakukan hal – hal sulit sekalipun, ” ujar Roslina Verauli.

Nah, Mamas pun dapat melakukan hal yang sama. Ajak Si Kecil melakukan aksi kebaikan setiap hari dan jadilah inspirasi agen kebaikan bagi para mama lain. Melalui kegiatan ‘Juara Hebat Kebaikan’ yang dimulai dari tanggal 5 Mei hingga 30 Juni 2017, kirimkan foto atau video dan cerita aksi hebat kebaikan Si Kecil ke website Bebeclub. Dengan berbagi sebuah cerita, Mamas turut memberikan 1 donasi bagi Rumah Yatim yang dikoordinasi oleh Bebelac Indonesia. Si Kecil pasti bisa! (Nathalie Indry /KR /Photo:Istockphoto.com, dok. Bebelac) 

 

Shares