Interior Design

Tip Merawat Perabot Kayu

By  | 

Hingga saat ini, perabot kayu masih banyak diminati masyarakat, dan mungkin termasuk salah satu diantaranya adalah Anda ya, Mams? Walau cukup awet, namun perawatan furnitur kayu juga tetap perlu dilakukan. Bila tak dirawat dengan baik, maka furnitur kayu yang terbuat dari material organic ini juga berisiko mudah rusak ataupun berjamur. Lalu bagaimana merawatnya? Simak caranya berikut ini!

1. Letakkan di tempat kering.

Terpapar suhu panas secara terus menerus dapat membuat kayu kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Karena itu, letakkan furnitur kayu Mamas di tempat kering dan tak langsung terpapar sinar matahari. Walau begitu, bukan berarti furnitur kayu bisa bersahabat dengan suhu lembab. Karena, udara lembab justru dapat memicu berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu. Jadi, ;etakkan di suhu normal dan kering ya, Mams.

2. Pindahkan dengan hati-Hati.

Cara yang benar dalam memindahkan furniture kayu adalah dengan mengangkatnya di bagian penampangnya dengan hati-hati. Hindari memindah meja atau kursi dengan cara menyeret atau menarik sandarannya ya, Mams. Karena cara ini dapat menggores dan mengikis kayu saat bergesekan dengan lantai.

3. Keringkan dari noda air.

Tentunya Anda pernah atau bahkan sering mendapati gelas minuman meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja makan berbahan kayu. Bila tak segera di lap, noda ini akan tertinggal secara permanen dan tentunya akan merusak keindahan tekstur alami kayu. Bila sudah terlanjur, samarkan noda dengan mengusapkan kain lembut yang telah diberi campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu.

4. Gunakan Alas.

Untuk meminimalisir resiko tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu kusam dan dan tidak mulus lagi, gunakan taplak untuk melindungi permukaannya. Sedangkan untuk bagian kaki, Mamas bisa meletakkan karpet atau kain felt bagian bawahnya.

Blond woman cleaning table at home. She is wearing a white apron. On hands has protective rubber gloves

5. Bersihkan secara berkala.

Setidaknya setiap sebulan sekali, bersihkan furnitur kayu dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture pada permukaan furniture kayu. Semprot secukupnya, lalu lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Agar tidak kusam, Anda juga bisa melakukan finishing ulang pada furnitur kayu setiap 2-3 tahun.

Untuk menjaga warna dan kilau kayu, Mamas bisa mamanfaatkan teh hitam. Caranya, celupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam, peras kain, lalu usapkan pada furnitur kayu untuk membersihkan permukaan kayu. Selanjutnya, biarkan hingga mengering.

Sebenarnya, furnitur kayu dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan lap kain katun saja. Namun ada kalanya debu-debu, kotoran, atau bahkan jamur tidak dapat terangkat dengan baik karena terselip di antara celah-celah furnitur. Karena itu, gunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk enjangkau bagian-bagian tersebut. (Tammy Febriani/YA/Poto: Istockphoto.com)

Shares