Interior Design

Sebaiknya, Seberapa Seringkah Kita Harus Membersihkan Rumah?

By  | 

Ingin memiliki rumah yang rapi dan bersih, tentunya juga harus diikuti dengan kesediaan kita untuk merapikan dan membersihkan rumah. Lalu seberapa sering sih, harusnya kita membereskan rumah? Simak saran dari Smart Mama berikut ini, yuk!

Setiap hari:

Woman washing a cup in white kitchen

Cucian piring.

Bagi Anda, mungkin piring dan gelas kotor setelah makan bukan perkara penting yang harus langsung dicuci saat itu juga. Menundanya beberapa waktu untuk bersantai-santai dahulu tentunya tak ada salahnya. Padahal, menunda mencuci piring-gelas dan perlengkapan makan lainnya, dalam sekejap bisa menumpuk, bau dan juga tentunya kotor bukan, Mams? Biasakan untuk langsung mencuci perlengkapan makan setelah makan, dan perlengkapan memasak setelah selesai menggunakannya.

 

Every-Day-Kitchen-Countertops

Meja dapur.

Jaga meja dapur Anda tetap bersih. Pastikan Mamas selalu menyeka meja dapur Anda setidaknya sekali sehari. Dan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk memasak, selalu pastikan setelah usai memasak, Anda benar-benar membersihkan meja dapur sampai bersih guna menghilangkan kumpulan bakteri.

 

Every-Day-Kitchen-Sink

Bak cuci piring.

Walau selalu terpapar sabun saat Anda mencuci piring, namun bak cuci piring tetap harus dibersihkan setiap hari. Praktisnya, cukup bersihkan dengan sabun pencuci piring dan bilas menggunakan air hangat.

 

Every-Day-Bathroom-Surfaces

Dinding dan lantai kamar mandi.

Sama seperti meja dapur Anda, permukaan dinding di kamar mandi Anda perlu dibersihkan setiap hari. Sisa make-up, rambut rontok, dan kotoran lainnya akan dengan mudah tumbuh menjadi alergen dalam waktu sehari. Jadi cobalah untuk tidak mengabaikan area yang satu ini.

 

Every-Day-Make-Bed

Tempat tidur.

Membereskan tempat tidur Anda setiap hari tidak hanya membantu menjaga kamar tidur tetap rapi, tapi juga memastikan seprai Anda tetap bersih saat Anda bepergian. Dan lagi, tak ada yang lebih menyenangkan daripada naik ke tempat tidur yang bersih, rapi dan nyaman saat kantuk sudah melanda bukan, Mams?

 

Seminggu sekali:

Every-Week-Dust

Membersihkan debu.

Meskipun membersihkan debu bukan hal yang menyenangkan, namun sangat perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali. Membersihkan debu di atas meja, rak buku, dan semua area yang sulit dijangkau akan menjamin rumah Anda akan bersih dan nyaman bagi Anda sekeluarga.

 

Vacuum cleaner

Vacuum.

Karpet dan lantai Anda menjadi pijakan banyak kaki setiap harinya, sehingga jadwal vacuum wajib masuk dalam tugas mingguan Anda.

 

Every-Week-Change-Sheets

Seprai.

Seprai dan selimut mudah sekali kotor, apalagi bila Anda memiliki anak balita. Maka sangat disarankan Anda menggantinya 1 minggu sekali. Lakukan di hari minggu malam, maka Anda akan memulai minggu baru Anda dengan tempat tidur ‘baru’.

 

Every-Week-Clean-Out-Pantry-Fridge

Pantry and fridge.

Isi lemari dapurdan ju ga lemari es Anda akan terus menumpuk bila secara rutin tak dirapikan. Belum lagi dengan bahan makanan yang sudah kadaluwarsa dan berisiko bau serta berjamur. Walau mungkin isi lemari dapur dan lemari es Anda tak berkurang banyak, namun bila isinya terjaga dari makanan basi dan juga rapi, Anda pasti akan lebih senang melihatnya.

 

Every-Week-Mirrors

Cermin.

Benda yang satu ini seringkali terlupakan. Gunakan pembersih alami dan serba guna untuk menghilangkan semua debu, sidik jari, dan tetesan air.

 

Sebulan sekali:

Every-Month-Dust-Blinds

Window blinds.

Baik gordyn ataupun window blinds, meskipun jarang tersentuh namun bisa jadi sarang bagi debu lho, Mams!  Walau begitu, Anda bisa mengganti gordyn atau membersihkan window blinds satu bulan sekali.

 

Every-Month-Mattress

Mattress.

Percaya atau tidak, kasur Anda juga perlu dibersihkan sebulan sekali. Cukup gunakan vacuum Anda dan bersihkan secara perlahan, terutama di bagian yang terkena noda.

 

Every-Month-Vents

Air ventilator.

Ini juga merupakan tempat bersarangnya debu dan allergen. Jadi, bersihkan setidaknya 1 bulan sekali ya, Mams!

 

Every-Month-Light-Fixtures

Lampu gantung.

Debu-debu di rumah tentunya juga akan bersarang di lampu gantung Anda. Gunakan tangga dan bersihkan dengan hati-hati menggunakan perlengkapan pembersih favorit Anda.

 

Every-6-Months-Pillows

Bantal-guling.

Sama seperti mattress, bantal guling juga bisa ditempeli debu dan keringat. Sebulan sekali, Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci.

 

Every-6-Months-Kitchen-Range-Hood

 

Oven.

Sebenarnya jadwal membersihkan oven dapat disesuaikan dengan seberapa sering Anda menggunakan nya. Semakin sering Anda menggunakannya, maka Anda juga harus lebih sering membersihkannya. (Tammy Febriani/YA/Photo: Dok. Various, Pop Sugar)

Shares