Education

Bermain Gambar Lewat Bentuk Geometri

By  | 

Mams, agar Si Kecil makin pintar dan kreatif, ajak ia berkreasi mengenal ragam bentuk geometri yang bisa berbentuk objek, seperti, rumah, layang-layang, mobil, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, ikuti step by stepnya berikut.

Bahan :
1. Kertas warna-warni, bisa kertas origami, kertas emas, asturo, dan lain-lain. Atau bisa juga menggunakan kertas kalender bekas, majalah atau koran dengan warna dominan seperti merah, biru, hijau, kuning.
2. Gunting, lem dan aneka model (contoh) kreasi dari bentuk geometri.

Apa saja manfaat aktivitas ini?
1. Si Kecil dapat mengkomposisikan bentuk-bentuk geometri menjadi objek tertentu.
2. Si Kecil juga dilatih untuk mampu membuat aneka kreasi dengan mencontoh apa yang ia lihat dengan cara mengkomposisikan satuan-satuan geometri

 

akreasi-geometri

Cara Membuat : 
1. Sediakan contoh atau model suatu objek yang tersusun dari beberapa bentuk geometri. Lalu tentukan objek apa yang ingin dibuat. Siapkan pula aneka pola beberapa bentuk geometri pada kertas lipat. Mulailah dengan membuat lingkaran, persegi panjang, atau segitiga.
2. Kemudian, potong gambar atau pola geometri yang sudah dibuat di atas kertas tadi dengan gunting,
lalu tentukan objek apa yang akan Anda buat bersama Si Kecil. Terakhir, Anda tinggal menempelkan rangkaian pola agar menjadi objek tertentu pada kertas kosong, seperti contoh di atas. Selamat mencoba ya, Mams! (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com, Various)

Shares