Health

Berapa Banyak Cairan yang Harus Dikonsumsi Si Batita?

By  | 

Q: Anak lelaki saya tidak begitu suka minum air putih. Setiap harinya, saya harus melakukan berbagai cara agar ia mau banyak minum air. Sebenarnya, berapa banyak sih cairan yang dibutuhkan batita berusia 1 tahun?

Nina, 28 tahun, mama dari Gavin, 1 tahun.  

A: Menurut Institute of Medicine’s Dietary Reference Intakes for Electrolytes and Water, anak-anak berusia 1 sampai 3 tahun membutuhkan cairan sebanyak 1,3 liter per hari. Jumlah tersebut setara dengan 5 – 8 gelas air. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, anak-anak bisa minum air putih sepanjang hari atau bisa juga dikombinasi dengan minuman sehat lainnya seperti susu dan jus buah alami. Sekitar 20% asupan cairan harian anak-anak juga bisa didapat dari makanan yang banyak mengandung air seperti buah-buahan yang berair (semangka), sayuran, biji-bijian dan sup.

Slices of fresh juicy watermelon on a paper closeup

Kebutuhan cairan Si Kecil juga bertambah saat udara sedang panas atau ia lebih aktif dari biasanya. Kenali dari warna urin Si Kecil, bila warna urinnya bening atau nyaris bening, maka kebutuhan cairan tubuhnya telah tercukupi. Namun bila warna urin Si Kecil berwarna kekuningan, maka ia butuh minum air lebih banyak ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares