Career

4 Tip Menghilangkan Rasa Gugup Sebelum Presentasi

By  | 

Mams, seperti kita ketahui, melakukan presentasi bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang. Bagi yang memang sudah sering melakukannya, tentunya ini hal sepele. Namun bagi kita, bisa jadi ini adalah hal yang tak mudah. Karena, tak hanya harus menguasai bahan presentasi saja, namun kita juga harus bisa bicara di depan banyak orang dengan penuh rasa percaya diri. Nah, inilah yang sulit, karena bagi yang tak terbiasa bicara di depan umum, rasa gugup seringkali malah membuat buyar semuanya. Agar ini tak terjadi, coba lakukan beberapa trik berikut ini!

  • Atur napas. Untuk menenangkan diri dari rasa gugup, coba atur napas. Caranya, tarik napas selama 5 hitungan, tahan selama 5 hitungan, lalu hembuskan perlahan dalam 5 hitungan. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa lebih rileks ya, Mams.
  • Talk positively to yourself. “Mari kita belajar dari para ahli psikologi olahraga. Mereka telah membuktikan bahwa seorang atlet yang melakukan self-talk sebelum dan selama pertandingan berlangsung, menghasilkan presentase kemenangan yang lebih tinggi,” jelas Darlene Price, presiden Well Said, Inc. dan penulis buku “Well Said! Presentations and Conversations That Get Result. Jadi, beberapa menit sebelum presentasi berlangsung, katakan pada diri sendiri kalau, ‘Saya adalah pembicara yang handal!’ “Saya siap dan percaya diri dengan presentasi saya!’ Dan ucapkan hal-hal positif lainnya yang bisa menyemangati Anda.

Woman in office

 

  • Stretching.Cara ini bisa Anda lakukan guna melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membantu Anda tetap tenang dan konsentrasi. Lakukan stretching dengan mengepalkan kedua tangan, lalu lepaskan. Lemaskan otot leher dengan memiringkan kepala ke kedua sisi beberapa kali. Ulangi beberapa kali.
  • Smile. Tersenyum bisa membuat Anda lebih rileks. Dan secara fisiologis, tersenyum dapat memancarkan endorfin di otak yang dapat menenangkan saraf dan menciptakan sikap menyenangkan” lanjut Darlene. Dengan lebih rileks, maka rasa percaya diri Anda pun akan timbul. Good luck Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares