Style

Perawatan Jenis Rambut Bayi yang Wajib Anda Tahu

By  | 
Meski buah hati masih bayi, bukan berarti Anda tidak perduli dalam hal mengurus rambut. Apa saja yang harus Anda kenali dan lakukan? Berikut panduannya untuk Anda, Mams. .
 
1. Bayi yang tidak memiliki rambut
Untuk bayi yang botak, alias tidak memiliki rambut harus tetap dilakukan perawatan. Cara merawatnya ialah dengan mencuci kepala bayi menggunakan shampoo 2 kali dalam satu minggu. Tujuannya supaya kepala bayi tidak mudah kering.
2. Rambut tipis dan lurus
Cara merawat rambut bayi yang tipis dan lurus dapat dilakukan dengan menyisirnya secara rutin agar tidak kusut, dimana rambut yang tipis memang rentan kusut. Untuk rambut bayi perempuan yang terkesan sudah panjang sehingga menutup mata ataupun telinga, sebaiknya jepit ataupun ikat dengan cantik setelah disisir. Sementara untuk rambut bayi laki-laki yang sudah panjang, alangkah baiknya untuk dipotong agar merawatnya pun lebih mudah.
3. Rambut tebal dan lurus
Rambut bayi yang bertipe tebal dan lurus biasanya tumbuh lebih cepat. Oleh sebab itu, jika memang terlalu panjang, lebih baik untuk dipotong supaya aktivitas sang bayi tidak terganggu karena rambut. Jangan lupakan pula untuk mencuci rambut bayi dengan keramas menggunakan shampoo paling tidak 2 hari sekali, tidak perlu terlalu sering ataupun juga terlalu jarang.
4. Rambut kering, tebal, dan ikal
Bayi juga ada yang memiliki jenis rambut yang kering, tebal dan juga ikal. Untuk merawat rambut bayi yang berjenis seperti ini, bisa gunakan kondisioner seusai keramas. Atau, saat keramas bisa memakai sampo yang didalamnya sudah mengandung kondisioner. Sebelum membilas rambut ketika keramas, alangkah baiknya sisir terlebih dahulu agar menghindari kusut. Karena rambut bayi yang kering, tebal dan ikal cukup mudah untuk kusut. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares