Health

Twin Pregnancy = Eating for Three?

By  | 

Selamat atas kehamilan kembar Anda, Mamas to be! Tentunya seru sekali bukan, menyiapkan kelahiran Si Kecil dengan menyiapkan segala sesuatunya untuk 2 bayi? Namun bagaimana kaitannya untuk urusan porsi makan, haruskah berlipat juga porsinya?

Eat for Three?

Sebelumnya pasti Anda pernah mendengar, bila sedang hamil, maka Anda akan makan dengan porsi untuk 2 orang (eating for two). Lalu bagaimana bila Anda hamil kembar? Apa iya Anda harus makan dengan porsi untuk 3 orang?

Well, tentu saja itu tidak benar mamas to be! Anda memang membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak kala hamil, apalagi pada kehamilan kembar. Namun tentu saja porsinya tidak sampai jadi berlipat. Menurut Caroline Passerrello, MS, RDN, LDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, untuk kehamilan tunggal, calon mama membutuhkan 340-450 kalori, sedangkan pada kehamilan kembar, kalori yang dibutuhkan sekitar 400 – 600 kalori saja.

Namun tak hanya melihat jumlahnya saja, Anda juga tetap harus memerhatikan kualitas dari ekstra kalori tadi. Passerrello merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan padat gizi. Anda bisa menambahkan ekstra kalori tadi di porsi makan Anda biasanya, atau menambahkannya dalam porsi kecil di jam-jam dimana Anda mudah lapar.

Tak hanya berbicara tentang ekstra kalori saja, namun aturan kenaikan berat badan juga cukup penting untuk diketahui. “Kenaikan berat badan selama kehamilan sebaiknya telah dikonsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan sejak awal kehamilan atau sejak Anda mempersiapkan diri untuk hamil. Dengan begitu, Anda sudah memahami bagaimana menjaga kenaikan berat badan selama hamil namun kebutuhan nutrisi bagi tubuh Anda dan juga perkembangan janin, terutama di awal kehamilan, dapat terpenuhi,” saran Jessica Shepherd, MD, OB/GYN dan ahli kesehatan wanita.

Sebagai acuan, Dr. Shepherd menggunakan panduan kenaikan berat badan pada kehamilan kembar, dari The Institute of Medicine guidelines. Disini disebutkan, pada kehamilan kembar, disarankan kenaikan berat badan adalah sebesar 16,8 – 24,5 kg untuk wanita dengan berat badan normal (BMI: 18.5 – 24.9), 14 – 22,7 kg bagi wanita dengan berat badan overweight (BMI = 25.0 – 29.9), dan 11,3  – 19 kg untuk wanita obesitas (BMI > 30).

Tambahkan Vitamin & Mineral 

Selain menambahkan ekstra kalori, Passerrello juga menyarankan agar calon mama dengan kehamilan kembar, menambahkan beberapa nutrisi seperti zinc(terdapat di kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi, ayam, susu), copper (terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan kerang), vitamin B6 (tersedia di sereal, kacang-kacangan, pisang, daging sapi, ayam, dan ikan) dan vitamin C (yang ada di dalam buah jeruk, pepaya, paprika, makanan yang diperkaya dengan vitamin C).

Selain itu, dokter kandungan Anda juga akan merekomendasikan tambahan vitamin prenatal yang diperkaya dengan zat besi. “Akan lebih baik bila Anda juga mengunjungi nutritionist yang dapat membantu untuk mengetahui tingkat kekurangan gizi. Dengan begitu, ia dapat membimbing Anda dalam jadwal, porsi, dan makanan apa saja yang Ada butuhkan. Namun tentunya harus ada kerjasama antara dokter kandungan dan praktisi diet Anda, agar kebutuhan gizi Anda bisa disesuaikan dengan keluhan kehamilan yang Anda alami. Seperti misalnya refluks atau heartburn yang kemudian membuat Anda harus menyesuaikan pola makan.

Pregnant brunette woman drinking water

 

Cukup Cairan

Selain cukup asupan nutrisi lewat makanan, Anda juga harus memastikan kalau tubuh tak kekurangan cairan. Seringkali, kita lupa untuk minum air dengan cukup, dan ini sangat berbahaya bagi Anda dan juga janin dalam kandungan. Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan Anda untuk setidaknya minum 10 gelas air setiap harinya. Tambahkan sedikit lagi bila Anda merasa kepanasan, dan banyak berkeringat. Selain air, buah-buahan dan sayuran juga wajib Anda konsumsi. Karena, baik buah maupun sayur, keduanya juga mengandung banyak cairan yang sangat baik untuk tubuh Anda.

 

Hindari Stres

Baik ketika menjalani kehamilan tunggal maupun kembar, hindari yang namanya stres. Fokuslah dengan memenuhi piring makan Anda dengan beragam makanan bernutrisi seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak (termasuk kacang- kacangan dan biji-bijian) dan susu. Penuhi kebutuhan cairan tubuh, konsumsi vitamin prenatal Anda dan tambahkan beberapa makanan ringan di sela-sela jam makan besar Anda, untuk membantu Anda mencapai kalori dan kebutuhan nutrisi. Selain itu, istirahatlah sebanyak yang Anda bisa, dan persiapkan diri Anda secara fisik maupun mental untuk menyambut kelahiran Si Kembar. Jalani kehamilan Anda dengan happy ya, Mamas to be! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares