Health

6 Cara Atasi Kehilangan Selera Makan di Trimester 1

By  | 

Mamas, kehilangan selera makan pada awal kehamilan sangat lumrah terjadi. Pasalnya, di trimester 1 ini Anda kerap merasa mual, bahkan banyak calon mama mengalami muntah. Hal ini menjadi penyebab terbesar seorang calon mama tidak nafsu makan. Padahal di awal kehamilan, Anda butuh asupan kaya nutrisi agar perkembangan janin kian maksimal. Nah, jika Anda termasuk calon mama yang kehilangan selera makan di trimester awal, yuk lakukan 6 langkah berikut.

1. Banyak minum. Yes Mams, salah satu cara agar Anda tidak merasa lemas adalah dengan minum banyak air. Selain itu, air putih yang dicampur dengan perasan air lemon ampuh menghilangkan rasa mual, dan meningkatkan selera makan.

2. Makan dalam porsi kecil. Makan enam kali sehari dalam jumlah kecil akan membantu Anda meningkatkan selera makan dibandingkan dengan porsi yang besar. Makan terlalu banyak dapat memicu rasa mual, sehingga Anda malah kehilangan selera. Lebih baik sedikit tapi sering, daripada makan sekali banyak.

3. Konsumsi makanan ringan dan tidak sarat bumbu. Aneka protein ayang dimasak secara light, tidak menggunakan terlalu banyak rempah atau bumbu dapat dijadikan pilihan. Misalnya ikan yang dipanggang atau distim, juga sup ayam bening. Tambahkan buah-buahan segar, sayuran, juga yogurt dalam menu Anda.

Pizza time

4. Perhatikan suhu makanan. Beberapa calon mama lebih senang mengonsumsi makanan yang dingin, tetapi banyak juga yang menyukai hidangan panas. Nah, sesuaikan hal tersebut dengan selera Anda, suhu bagaimana yang membuat Anda lebih berselera.

5. Rajin mengonsumsi vitamin. Vitamin akan membantu memenuhi nutrisi yang seharusnya Anda dapatkan dari makanan. Sehingga, jika Anda betul-betul tidak ingin makan, ada nutrisi pengganti. Namun demikian, Anda tetap harus berjuang mengatasinya ya, Mams. Anda juga bisa meminta obat anti mual pada dokter kandungan.

6. Makan bersama teman. Terkadang melihat makanan yang sedang dilahap orang lain dapat menggugah selera makan Anda sendiri, lho. Tak ada salahnya mengajak teman untuk makan bersama agar selera makan Anda timbul. Ngobrol bersama teman juga dapat membuat Anda melupakan rasa mual. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares