Mind

Lakukan 6 Hal Ini Di Rumah Anda Menjelang Kelahiran Bayi

By  | 

Mamas to be, tak hanya rajin cek kandungan serta persiapan mental, rumah Anda pun wajib mendapat perhatian ekstra menjelang kelahiran Si Kecil. Apa saja sih yang harus dilakukan? Simak yuk!

1.  Persiapkan Keamanan

Baby safety gate on stairs

Yes Mams, sejak dini ada baiknya Anda mulai memperhitungkan untuk membuat suasana rumah aman bagi bayi. Memang sih, bayi Anda akan mulai merangkak atau bisa bergerak beberapa bulan kemudian. Namun demikian, saat ia lahir nanti Anda dan pasangan pasti sibuk menjadi orangtua baru. Oleh karena itu, ada baiknya dipersiapkan sejak kehamilan Anda memasuki trimester 3. Persiapkan berbagai tools keamanan, contohnya pengaman listrik, pagar di area tangga jika rumah Anda bertingkat, pengaman untuk furnitur yang ujungnya tajam dan lain-lain. Singkirkan juga pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya dari tempat-tempat Si Kecil berkativitas nantinya, juga barang-barang berbahaya seperti benda tajam atau barang yang mudah pecah.

2. Membersihkan Seluruh Ruangan

House cleaning product on wood table

Tak hanya Si Bayi, Anda pun butuh kenyamanan dan udara yang bersih menjelang proses persalinan dan paska kelahiran Si Kecil nantinya. Kerahkan bantuan, mulai dari suami, keluarga, maupun asisten rumah tangga untuk membersihkan seluruh rumah agar lebih segar dan bebas debu.

3. Re-Layout

Architect working on digital tablet

Tambahan anggota keluarga tentu memengaruhi aktivitas keluarga termasuk peletakkan barang dan furnitur, serta fungsi ruang. Tak ada salahnya Anda mengubah layout beberapa ruangan di dalam rumah yang nantinya akan digunakan oleh Si Kecil. Selain itu, suasana baru juga akan memperbaiki mood Anda yang mulai naik turun menjelang kelahiran Si Bayi.

4. Groceries

Shopping cart full of food in supermarket aisle side tilt

Proses pemulihan setelah Si Kecil lahir nanti membuat Anda kehilangan waktu untuk berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga. Nah, ini saatnya Anda membeli berbagai kebutuhan rumah dengan stok yang lebih banyak sebagai persediaan.

5. Persiapan Menyambut Tamu

Luxury hotel bedroom

Selain membersihkan rumah agar steril dan nyaman, Anda juga perlu memikirkan kehadiran keluarga maupun kerabat yang ingin menjenguk Anda dan Si Kecil. Persiapkan ruangan untuk berkumpul, dan rapikan kamar tidur tamu jika ada yang ingin menginap.

6. Sediakan Space di Freezer Anda

breast mil

Yang satu ini sangat penting lho, Mams, Anda tentu saja membutuhkan space untuk meletakkan ASIP Anda. Oleh karena itu, menjelang kelahiran Si Kecil, Anda sudah harus menentukan area untuk meletakkannya tanpa tercampur dengan bahan makanan yang Anda stok dalam freezer. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares