Health

Makanan Pantangan [dan Boleh] Jika Si Kecil Alergi Kulit

By  | 

Pada dasarnya, makanan yang biasa kita konsumsi tidaklah menyebabkan rasa gatal. Akan tetapi reaksi alergi (sensitif terhadap kandungan tertentu di dalam makanan) menyebabkan kulit menjadi gatal. Oleh karena itu, orang yang mengalami suatu masalah kesehatan, biasanya diperintahkan oleh dokter untuk pantang pada makanan tertentu. 

Setelah memakan makanan yang dapat memancing alergi, juga beresiko terjadinya iritasi kulit, gatal-gatal atau bahkan eksim. Untuk itu penting bagi kita mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dimakan untuk penderita kulit gatal. Makanan yang tidak boleh dimakan bagi penderita kulit gatal

Telur
Telur selama ini diketahui sebagai makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi bagi penderita kulit gatal. Karena kandungan yang terdapat di dalam telur bisa mengakibatkan kulit mengalami ruam, atau kulit yang berwarna kemerahan. Apabila Si Kecil mengalami masalah gatal-gatal pada kulit, hindarilah dahulu hingga penyakit gatal sembuh. Alergi dan gatal akibat telur umumnya dialami oleh anak-anak. Anak-anak kalau bisa jangan makan telur sama sekali. Jika Anak ingin makan telur, maksimal makan terlu 1 butir dalam seminggu.

Seafood
Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang tubuhnya memerah disertai gatal-gatal setelah makan udang? Kondisi badan yang memerah merupakan salah satu reaksi pada orang yang mengalami alergi seafood. Seafood memang bisa memicu alergi. Oleh karena itu, hal yang harus diketahui penderita kulit gatal bahwa seafood merupaka makanan pantangan yang sebisa mungkin dihindari. Yang dimaksud makanan seafood ini, diantaranya kepiting, lobster, udang, cumi-cumi dan tiram.

 Ikan
Daging ikan sebenarnya sudah cukup dikenal dapat memicu reaksi alergi kulit dan timbulnya gatal pada kulit.Seperti halnya telur, makanan dari sebagian jenis ikan juga rentan merangsang kulit menjadi gatal. Umumnya reaksi alergi ikan baru muncul di usia dewasa, belum diketahui dengan pasti penyebabnya. Ada banyak jenis ikan laut yang beresiko menimbulkan reaksi alergi atau gatal, seperti ikan kembung, kakap, tongkol, tuna, sardin, makerel, dan salmon.

Susu Sapi
Susu sapi diketahui, kaya akan allergen utama seperti protein kasein dan beta lactoglubin. Kandungan di dalamnya dapat merangsang alergi pada tubuh, seperti masalah kulit gatal, sakit perut, rasa mual, dan lainnya. Sehingga, khusus bagi penderita kulit gatal, hindari sementara waktu mengonsumsi susu sapi.

Berikut, adalah akanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita alergi kulit.

Sayur-Sayuran.
Sayur-sayuan sangat sehat, sehingga baik dikonsumsi penderita gatal kulit. Bahkan umumnya sayuran memiliki zat yang membantu mengurangi alergi dan gatal.

Madu.
Madu cukup bagus dikonsumsi. Satu sendok makan madu murni membangun antibodi tubuh terhadap alergen, kecuali jika Anda memiliki alergi terhadap madu.

Vitamin C & Antioksidan
Vitamin C dan antioksidan dapat ditemukan dalam sebagian besar buah, seperti : Buah Jeruk, kiwi, mangga, stroberi, nanas, pepaya, melon, jambu biji. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

 

 

Shares