Mind

Yang Mengganggu Pikiran Calon Mama di Trimester 1 (dan Solusinya)

By  | 

Tak hanya perubahan hormon dan fisik yang mengganggu, di trimester awal biasanya calon mama kerap dihantui berbagai kekhawatiran. Apa saja sih yang biasanya menganggu pikiran wanita hamil di trimester 1?

1. Keguguran

Yes Mams, biasanya calon mama yang baru saja dinyatakan hamil dihantui rasa khawatir akan mengalami keguguran. Pasalnya di usia kandungan yang masih tergolong muda ini, kondisi kehamilan memang belum sepenuhnya stabil. Saran Smart Mama, Anda tak perlu khawatir ya, Mams, sebenarnya kasus keguguran tidak semudah itu terjadi. Biasanya penyebab keguguran adalah masalah kromosom juga plasenta. Selama Anda tidak memiliki kelainan apapun dan tidak melakukan aktivitas yang ekstrem, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir ya, Mams.

2. Karier

Yang satu ini juga kerap menjadi pemikiran para calon mama di trimester pertama, terutama bagi mereka yang bekerja. Apakah kariernya akan terganggu, dan bagaimana pekerjaan yang  dijalani selama ini setelah kelahiran si bayi? Well, tentu saja Anda wajib memberitahu atasan dan rekan kerja mengenai kondisi Anda. Selebihnya, jalani saja pekerjaan Anda seperti biasanya. Anda akan beradaptasi dengan sendirinya, dan akan menemukan jalan keluar paska kelahiran Si Kecil nantinya. Tak perlu terlalu dipikirkan dari sekarang.

3. Mengumumkan Kehamilan

Hal ini juga kerap dipikirkan oleh wanita yang baru saja hamil, bagaimana ya reaksi keluarga dan teman? Coba cari cara unik untuk mengumumkannya ya, Mams. Misalnya posting simbol wanita hamil di sosial media Anda atau mengumumkan secara langsung dengan cara yang dramatis saat makan malam bersama keluarga besar.

Pregnancy Announcement with Baby Shoes - Stock Image

4. Memilih Dokter

Mencari referensi sebanyak-banyaknya dari teman atau keluarga dapat dilakukan kala akan memilih dokter kandungan. Anda juga wajib mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan. Selain memiliki reputasi baik, tentu saja Anda harus merasa nyaman dengan dokter kandungan yang akan menangani Anda hingga Si Kecil lahir nantinya.

5. Hubungan dengan Pasangan

Selama ini Anda hanya berdua sama dengan suami hingga kini ada Si Kecil yang akan hadir di keluarga kecil Anda berdua. Tentu saja hal ini akan mengubah seluruh aspek kehidupan Anda. Ditambah lagi, gairah Anda kerap menurun di trimester 1 ini. Hal ini kerap menjadi kekhawatiran calon mama. Coba bicarakan semua yang Anda rasakan pada pasangan. Dan selalu menyediakan waktu untuk date night berdua. (Karmenmita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares