Health

Memilih Air Minum dalam Kemasan Layak Konsumsi

By  | 
Hi Mams! Belakangan ini terdengar kabar kurang menyenangkan tentang kualitas air minum dalam kemasan, ya. Dikatakan bahwa konsumen sebaiknya berhati – hati dalam memilih produk tersebut karena paparan panas yang biasa diterima oleh air dalam kemasan dapat membahayakan kesehatan. Berikut beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian Anda, khususnya saat akan memilih produk air minum dalam kemasan bagi keluarga:

1. Paparan Panas
Botol/kemasan yang terpapar panas secara langsung, terutama dalam jangka waktu yang panjang dapat menurunkan kualitas air mineral yang terkandung di dalamnya. Hindari meninggalkan air minum di dalam mobil yang terpapar panas secara langsung ya, Mams.

Buying bottle of water

2. Senyawa Plastik Larut
Karena paparan panas juga, senyawa dalam plastik misalnya BPA (bisphenol a) dapat menjadi larut dalam air. Kandungan ini cukup berbahaya bagi kesehatan karena dapat melepaskan senyawa endocrine yang dapat mengganggu metabolisme alami hormon dalam tubuh.

3. Menurunnya Kadar PH
Air mineral yang terlalu lama tersimpan dalam kemasan plastik, baik dalam kondisi ruang atau panas dapat mengalami penurunan PH di dalamnya. Ciri – cirinya adalah berubahnya warna air dan perubahan rasa menjadi sedikit asam. Inilah alasannya para produsen memberlakukan masa kadaluarsa.

Ada baiknya sebelum membeli air minum dalam kemasan, periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa produk, pastikan kemasan tidak bocor, dan hindari membeli produk air minum dalam kemasan yang sudah terlebih dulu terpapar panas matahari. Hal yang sama berlaku untuk air minum isi ulang dalam galon plastik, mari cermat langkah pemilihannya, Mams. (Nathalie Indry /KR /Photo : Istockphoto.com) 

Shares