Finance

Cara Mudah Mengelola Keuangan Keluarga

By  | 

Mams, apakah Anda tipe wanita yang mengelola keuangan keluarga dengan cermat, ataukah justru tipe yang santai alias ‘let it flow’ saja dalam mengelola keuangan?

Mengelola uang dengan cermat, selain membuat hidup lebih tenang, masa depan pun akan terjamin dengan investasi yang telah dimulai sejak dini. Sedangkan pilihan terakhir, selain dapat menimbulkan risiko menghadapi isi dompet yang menipis di akhir bulan, masa depan keluarga pun tak terbayang. Tak ingin mengalami hal seperti itu bukan, Mams?

Untuk mudahnya, Anda bisa mengikuti rumus berikut ini untuk membantu Anda mengatasi masalah keuangan keluarga, baik saat ini maupun di masa depan nanti. Yuk, simak bagaimana rumusnya!

calculator business finance

Rumus Mengelola Keuangan

Setiap gajian, biasakan untuk membagi tiga pendapatan keluarga Anda dengan presentase berikut:

  •  20%. Sedari dini, rencanakan segala kebutuhan masa depan Anda dan keluarga, agar tak perlu pusing lagi memikirkan harus mencari uang di usia yang sudah tak lagi produktif. Jadi, sisihkan 20 persen pendapatan keluarga untuk menabung, investasi, atau deposito. Apapun yang jadi pilihan Anda, pastikan hasilnya sesuai dengan target Anda nantinya.
  •  50%. Sisihkan setengah dari jumlah pendapatan keluarga untuk kebutuhan primer. Kebutuhan primer yang dimaksud adalah pengeluaran tetap keluarga setiap bulannya. Seperti belanja kebutuhan sehari-hari, transportasi, biaya telepon, sekolah anak, dan internet.
  •  30%. Anda bisa menggunakan 30% dari pendapatan keluarga untuk kebutuhan yang bersifat senang-senang, seperti misalnya untuk liburan, belanja, atau membeli gadget.

Dengan rumus mudah di atas tadi, Anda tak perlu pusing dengan yang namanya mengelola keuangan. Selama Anda disiplin menjalankannya, maka manajemen keuangan keluarga akan terkelola dengan baik. Selamat mencoba, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com

 

Shares