Health

3 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Tanpa Anda Sadari

By  | 

Setiap orang pasti punya kebiasaan buruk. Tak terkecuali dengan Anda, betul Mams?

Kebiasaan buruk ini mungkin bagi Anda terlihat sepele, dan bahkan Anda mungkin tak menyadarinya. Walau begitu, bisa jadi imbasnya ternyata cukup besar dan merugikan Anda lho, Mamas. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud, dan bagaimana solusinya? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Ngemil meskipun tidak sedang lapar.
Sudah pasti, ini adalah kebiasaan buruk yang seringkali Anda lakukan tanpa disadari. Mengonsumsi karbohidrat dan gula berlebihan membuat Anda lebih rentan mengalami obesitas. Dan obesitas ini dapat meningkatkan risiko diabetes dan sakit jantung.

Solusi: Setiap kali Anda merasa ingin ngemil, ganti camilan Anda dengan segelas air putih. Tentunya, selain mencegah dehidrasi, bau mulut dan kulit kering, cairan yang mengandung 0 kalori tersebut dapat menahan keinginan Anda setidaknya sampai waktuna Anda makan berat.

2. Melewatkan sarapan pagi.
Sarapan pagi diketahui sangat penting bagi metabolisme tubuh Anda. Jadi, melewatkan sarapan pagi selain dapat berdampak ke berat badan, energi, dan gula darah di tubuh Anda, juga dapat menurunkan tingkat konsentrasi.

Solusi: Bagi Anda yang tak biasa sarapan pagi, mungkin Anda dapat menunda sarapan Anda 1-2 jam kemudian saat Anda memang sudah bisa mengisi perut. Atasi rasa malas sarapan dengan mengonsumsi makanan yang memang Anda sukai, seperti buah segar, sandwich, sup, ataupun nasi goreng misalnya. Dengan begitu,  Anda akan memiliki lebih banyak energi dan juga kadar gula darah yang stabil.

Stressed business woman working on a laptop

3. Terlalu lama berada di depan komputer.
Memang sih, berada di depan komputer merupakan tuntutan pekerjaan. Namun, pemakaian komputer yang terlalu lama ini dapat melelahkan mata, pundak dan punggung Anda. Tak hanya itu saja, jika Anda jarang bergerak dan berolahraga, tubuh Anda akan jauh dari yang namanya fit.

Solusi: Jika pekerjaan Anda memang mengharuskan Anda untuk duduk di depan komputer setiap hari, maka alihkan pandangan Anda dari komputer dan beranjaklah dari posisi sambil stretching selama 5 menit setidaknya 4 kali sehari. Dengan begitu, otot Anda akan lebih rileks, mata tidak sakit, dan stres pun berkurang. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares