Finance

Tip Memilih Bank yang Tepat untuk Tabungan Deposito

By  | 

Berinvestasi dalam bentuk tabungan deposito, memang bisa dibilang merupakan bentuk investasi dengan risiko yang kecil. Walau begitu sebaiknya Anda tetap berhati-hati dalam memilih bank yang tepat. Berikut tip dari Smart Mama bagaimana menentukan bank yang tepat untuk menabung deposito.  

  • Reputasi bank. Banyak sekali bank yang menawarkan berbagai kelebihan di setiap produknya. Namun jangan langsung tergiur dengan promo-promonya saja, Anda juga harus melihat bagaimana reputasi bank tersebut. Pastikan bank tersebut memiliki reputasi yang baik dan telah memenuhi standar dari Bank Indonesia. Anda juga bisa mencari informasi di berbagai forum mengenai kepuasan para pelanggan yang telah melakukan investasi dalam bentuk deposito di bank tersebut sebagai bahan pertimbangan.
  • Besarnya bunga deposito. Keuntungan yang bisa Anda dapat dari tabungan deposito adalah dari besarnya bunga. Karena itu, setelah mengetahui reputasinya, cari tahu berapa besarnya bunga deposito di bank tersebut. Dan bandingkan dengan bank lain dengan reputasi yang sama.
  • Periode Deposito. Jangka waktu deposito memengaruhi besarnya bunga. Semakin lama periode deposito berarti semakin besar pula bunganya. Biasanya periode yang ditawarkan oleh bank berkisar antara 1, 3, 6, dan 12 bulan.

Couple meeting with financial advisor

  • Sistem kerja. Setiap bank memiliki sistem kerja dan layanan yang tak selalu sama. Jadi pastikan Anda memahami sistem kerja bank tersebut. Seperti misalnya, apakah syaratnya mudah, adakah fasilitas perpanjangan deposito secara otomatis, atau fasilitas lainnya.
  • Tambahan biaya. Walau umumnya pihak bank tidak membebankan biaya administrasi untuk deposito, namun sebaiknya Anda tetap memastikan tak ada biaya tambahan lainnya. Selain itu, pastikan pula apakah Anda akan dikenakan biaya penalty atau tidak bila suatu-waktu nanti berniat untuk mengambil dana deposito lebih cepat dari waktu yang disepakati. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com) 

Shares