Mind

Buku Motherhood Wajib Baca

By  | 

Tidak ada sekolah khusus yang mengajarkan ilmu tentang dunia parenting. You know, being a mother is a forever thing. 

Bahagia atas kehadiran Si Kecil di tengah – tengah keluarga? Tentu saja. Tetapi tidak dapat dimungkiri ya, Mams.. perasaan sedih, marah, kecewa dan kesal seringkali hinggap dalam pikiran kita karena beberapa alasan. Mulai dari kelelahan mengurus anak – anak di tahun pertama pertumbuhannya, hingga kekesalan akibat problem rumah tangga/kantor yang tak ujung usai. Anda tidak sendiri, tentu saja. Kita semua pernah mengalaminya. Bergabung bersama support group akan membantu mengurangi rasa stres dan kecemasan yang berlebihan terhadap hambatan tersebut (Baca: Keuntungan Bergabung Dalam Support Group). Tetapi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, pilihan buku berikut akan membantu meringkankan beban dari sisi yang berbeda, menghibur dan menutrisi!

Rosdiana Setyaningrum

Rosdiana Setyaningrum

1. Not (so) Perfect Mom – Rosdiana Setyaningrum, Self publisher.
Rosdiana Setyaningrum, mama dari Alyssa dan Aimee berbagi pengalamannya menjadi seorang mama sekaligus psikolog yang kerap menangani berbagai permasalahan keluarga. Mengasuh dan membesarkan 2 remaja putri bukanlah hal mudah, melalui buku ini pun ia mengungkapkan bahwa banyak tantangan selama menjalani peran baru sebagai seorang mama. Tidak pernah ada istilah mama yang “sempurna”. Tetapi tentu saja, kita bisa mengusahakan yang terbaik bagi keluarga.
growing pains

2. Growing Pains, Dongeng Happy Single – Mommy  – Tatyana Soebianto, Gramedia.

Tidak terbayangkan bagaimana seorang single mother harus membesarkan anak laki – lakinya seorang diri selama kurang lebih 21 tahun. Sang penulis, Tatyana Soebianto, harus menerima kenyataan saat sang suami pergi meninggalkan dirinya dan Si Kecil bahkan sejak masa kehamilan. Melalui buku ini, ia menceritakan pengalaman pribadinya membesarkan putra semata wayangnya, Adi Nugroho seorang diri. Belum cukup bejibaku dengan urusan domestik, Tatyana juga harus juggling dan mengatur jadwal keseharian untuk bekerja menghidupi keluarga kecilnya. Tetapi jangan salah, Mams. Buku ini tidak bercerita tentang kesedihan seorang single parent, kok. Justru sebaliknya. Tatyana ingin mengubah paradigma kelam mengenai seorang single parent dengan menghadirkan balutan cerita – cerita lucu dilengkapi dengan gambar – gambar komik yang menarik. Sesuai dengan sub judulnya, “Dongeng Happy Single – Mommy”. 

wander

3. Wander Woman, Fina Thorpe – Willet, Silvia Iskandar, Irene Dyah, Nina Addison, Gramedia.
Kesempatan untuk hidup di negara lain bersama keluarga dalam waktu yang cukup lama membuat penulis profesional Fina, Silvia, Irene dan Nina berbagi pengalaman menjadi seorang mama di negeri orang. Melalui novel ini, Anda akan disuguhkan real story mereka – mereka yang seringkali merindukan kampung halaman dan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru; belum lagi pertumbuhan anak – anak yang menuntut untuk diperhatikan. Long story short, hidup bersama keluarga di luar negeri tidak selalu Indah seperti keliatannya. Banyak juga lho, cerita perjuangan mereka saat mati – matian harus ‘terpaksa’ berdamai dengan kenyataan (Baca: Smart Mama Story: Wander Woman).

Joy Roesma & Nadya Mulya (kiri)

Joy Roesma & Nadya Mulya (kiri)

4. Moms & The City – Nadya Mulya & Joy Roesma, Gramedia.

Buku ini berisi 21 bab pembahasan seru yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, hubungan sesama mama di kota modern, hingga mengupas kebiasaan dan tren parenting di kota besar. Dituliskan dengan bahasa yang lugas, “Moms & The City” kedua penulis yang juga seorang mama berbagi cerita dan pengalaman, termasuk pandangan mereka tentang dunia parenting di kalangan para mama modern yang tinggal di kota – kota besar. Berbagai judul bab yang menarik seperti “Welcome to the Mama Club (whether you like it or not)”, “Pregnancy Insanity & Baby Blues”, “Breastfeeding Bully” atau “Domestic Drama Part One” akan mengundang Anda untuk tersenyum dan menikmati bacaan khas para mama yang tidak hanya berdasarkan “Real life story”, tapi juga menghibur.

18-15-35-Sabtu-Bersama-Bapak

5. Sabtu Bersama Bapak – Adhitya Mulya, Gagas Media.
Novel best seller yang telah difilmkan dengan judul yang sama ini banyak menginspirasi para orangtua untuk memerhatikan kembali pola pengasuhan anak yang diterapkan selama ini. Dituliskan melalui sudut pandang laki – laki sebagai seorang papa dan kisah seorang mama yang berjuang melawan kanker membuat kita semakin yakin bahwa keluarga adalah sumber kekuatan utama untuk menyalakan kembali harapan. Happy reading! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

 

Shares