Parenting

Ini yang Jadi Penyebab Anak Takut Mencoba

By  | 

Apakah Si Kecil termasuk anak yang aktif dan berani mencoba apapun, Mams? Atau justru sebaliknya Si Kecil termasuk pasif dan takut untuk mencoba hal-hal baru? Bila Anda mendapati Si Kecil cenderung tak mau atau terkesan takut mencoba banyak hal, bisa jadi ini disebabkan karena ia kurang percaya diri. Dan rasa kurang percaya diri ini bisa jadi ia dapatkan dari lingkungan rumahnya sendiri.

Dibandingkan berpikir secara logis dan rasional, anak dan juga remaja yang sedang tumbuh, masih berpikir dan bertindak secara emosional. Karena itu, sebagai orangtua, hindari menggoyahkan emosional anak dengan ucapan negatif dan kritik tidak membangun ya, Mamas. Karena ternyata hal ini dapat menghancurkan rasa percaya diri anak.

Football Summer Camp in New York

“Anak yang kurang percaya diri, cenderung memiliki orangtua yang hobi memberikan kritik yang dapat menghancurkan emosional anak,” ujar Carl Pickhardt, psikolog dan penulis buku tentang pola asuh anak.

Masih menurut Carl, anak yang selalu dikritik dan direndahkan oleh orangtuanya sendiri kemudian jadi tidak memiliki keberanian dalam menghadapi tantangan karena mereka takut gagal dan mengecewakan orangtuanya. “Kritik orangtua terhadap usaha anak dalam belajar atau berkarya sangatlah ampuh dalam menjatuhkan semangat anak untuk menjadi orang yang lebih baik,” terangnya.

Walau bagi Anda terdengar hanya sebuah kritikan biasa, namun anak bisa menanggapi hal ini secara berbeda. Mereka jadi tidak mau mencoba dan takut berusaha karena tidak mau mengecewakan dan bahkan takut nantinya bila mereka gagal, mereka akan membuat marah orangtuanya. Oleh karena itu, mari kita biasakan memberi saran dan kritik yang membangun bagi anak yuk, mamas! Dengan begitu Si Kecil akan memiliki rasa percaya diri dan tak lagi takut untuk mencoba hal baru. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares