Mind

Kehamilan: Ekspektasi Vs Kenyataan

By  | 

Saat merencanakan kehamilan, tentu saja dalam bayangan Anda kehamilan adalah sesuatu yang indah, apalagi jika mendengar cerita ibu Anda yang menggambarkan kehamilan super lancar tanpa masalah. Padahal pada kenyataannya belum tentu seindah itu ya, Mams. Dan tentu saja, Anda sudah memiliki segudang rencana, jika hamil nanti akan tampil glowing, tetap langsing, makan sehat dan berbagai rencana lainnya. Namun terkadang kenyataan memang tidak sesuai harapan ya, Mams. Yuk simak realiti yang mungkin akan Anda hadapi dan cara mengatasinya.

1. Tampilan.

Ekspektasi: Wajah tampak glowing seperti yang sering Anda baca di majalah, dan semua orang akan melihat Anda tengah mengalami keajaiban dalam tubuh yakni mengandung seorang bayi.

Kenyataan: Meskipun wajah glowing ada benarnya, namun yang Anda belum ketahui adalah terkadang perubahan hormon akibat kehamilan kerap menimbulkan jerawat, dan di awal kehamilan biasanya wajah Anda nampak pucat karena perubahan tubuh yang dialami calon mama.

Cara Mengatasi: Usahakan untuk tetap berdandan meskipun tidak perlu berlebihan, sedikit bedak dan blush on akan menyamarkan wajah pucat Anda. Tambahkan lipstik merah agar tampilan Anda tetap maksimal.

2. Ngidam

Ekspektasi: Anda akan membuat suami repot karena ingin sesuatu yang segar, rujak misalnya. Selain menghilangkan rasa mual, tentu saja asupan ini tergolong sehat.

Kenyataan: Anda tak perlu membuat suami berburu buah-buahan, karena yang sangat Anda inginkan adalah sepotong kue di kafe dekat kantor atau mall favorit, yang tentu saja akan menambah lemak Anda.

Cara Mengatasi: Tak perlu merasa bersalah jika yang Anda idamkan adalah makanan lezat berlemak. Namun batasi saja konsumsinya, dan tetap mengonsumsi makanan sehat agar balance.

3. Saat Si Kecil Menendang

Ekspektasi: Anda akan merasakan keajaiban dan bahagia luar biasa.

Kenyataan: Memang sudah pasti Anda excited mengetahui Si Kecil sudah bisa bergerak di dalam sana, namun terkadang tendangan tersebut membuat perut Anda merasa tidak nyaman.

Cara Mengatasi: Well Mams, untuk yang satu ini sepertinya harus Anda hadapi hingga Si Kecil lahir nantinya. Ajak saja ia berbicara agar perhatian Anda fokus pada “obrolan” dengannya.

Makeup artist applying blusher

4. Baju Hamil yang Stylish

Ekspektasi: Mengenakan berbagai fashion item dan aksesori yang sedang tren, sehingga Anda selalu tampil prima.

Kenyataan: Mungkin di awal kehamilan hingga trimester kedua Anda dapat tampil stylish setiap waktu, namun menjelang kelahiran, biasanya para calon mama hanya akan memilih yang nyaman.

Cara Mengatasi: Meskipun Anda memilih yang paling nyaman, usahakan untuk melakukan padu padan yang tepat agar penampilan Anda tetap enak untuk dipandang.

5. Percaya Diri

Ekspektasi: Tentu saja Anda akan super percaya diri, Anda tengah menantikan kelahiran seorang bayi yang lucu.

Kenyataan: Bobot tubuh yang melonjak naik, serta berbagai perubahan tubuh yang lain membuat Anda ingin menangis kala menghadap cermin.

Cara Mengatasi: Usahakan untuk terus bergerak sehingga bobot Anda tidak overweight. Cara lain adalah dengan berpikir positif, bahwa setelah kelahiran Si Kecil nanti Anda akan berusaha mengembalikan bentuk tubuh. Dan seperti yang sudah disinggung di poin 1, jangan lupa untuk merawat wajah dan mengenakan make up natural agar tampilan Anda tetap segar.

6. Mendekor Kamar Bayi

Ekspektasi: Anda akan bersemangat mendekor sendiri kamar Si Kecil hingga meletakkan pernak pernik yang super cute.

Kenyataan: Anda terlalu lelah untuk melakukan hal tersebut.

Cara Mengatasi: Cari tema yang Anda inginkan dan minta bantuan pasangan untuk menemani Anda berbelanja berbagai kebutuhan kamar Si Kecil. Dan biarkan ia yang mengerjakan segala sesuatunya, Anda hanya perlu mengungkapkan apa yang Anda mau.

Meskipun harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan, selalu ada jalan kok Mams untuk mengatasinya. Enjoy your pregnancy! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto,com)

 

Shares