Finance

Agar Tidak Over Budget Selama Liburan

By  | 
Selain merencanakan momen liburan sejak jauh – jauh hari, Anda juga disarankan untuk menyisihkan sedikitnya 15% dari total penghasilan khusus untuk anggaran pleasure. Tapi saat waktu liburan tiba, bagaimana ya caranya agar pengeluaran tetap pada perencanaan dan tidak over budget?

1. Batasi uang tunai
Membawa yang tunai di luar perkiraan budget liburan boleh saja, tetapi akan lebih bijak jika Anda membatasinya. Sebisa mungkin, manfaatkan yang tunai yang dimiliki, karena penarikan uang tunai melalui ATM di luar negeri akan dikenakan biaya sebesar 2-4%.

2. Cek harga online
Manfaatkan website terkait untuk setiap barang/kunjungan wisata yang ingin dilakukan, periksa harga update dari wish list yang Anda ingin lakukan/beli sepanjang waktu liburan. Membawa budget pas dan terencana akan menghindarkan over budget terjadi.

Kiss for my little surfer

3. Maksimalkan kunjungan wisata alam
Baik lokal maupun internasional, wisata alam cenderung tidak memberikan risiko bagi Anda untuk berbelanja kebutuhan lain selain tiket masuk atau aktivitas di dalamnya dengan harga yang sudah pasti. Merencanakan kunjungan dan membeli tiket jauh – jauh hari secara online tentu akan membantu Anda mempersiapkan liburan dengan lebih matang. Explore the nature! 

4. Anggarkan dana untuk oleh – oleh
Terdengar simpel, tapi bila dilakukan tentu akan memberikan dampak positif bagi pengaturan budget liburan Anda. Lagi – lagi, manfaatkan search engine untuk menilik jenis dan harga merchandise yang bisa dibawa pulang sebagai oleh – oleh.

5. Anggarkan dana untuk makan
Untuk kebutuhan yang sudah jelas ini, Anda dan keluarga tentu bisa merencanakannya dengan baik. Tidak harus pas atau berlebihan, anggarkan saja perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan konsumsi keluarga sebanyak 3 kali sehari. Happy holidays, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares