Education

Berbagi Cinta Lewat Musik dan Tari

By  | 

Tantangan yang dihadapi oleh orangtua dalam memberikan stimulasi optimal pada anaknya adalah adanya quality time yang berkualitas. Seperti kita ketahui, seringkali orangtua merasa lelah akibat banyaknya pekerjaan sehari-hari, stres, dan merasa tidak pernah cukup waktu yang dihabiskan bersama anak. Tak hanya itu saja, kurangnya pemahaman tentang parenting behavior termasuk diantaranya kurang peka dalam memahami kebutuhan anak juga menjadi salah satu alasan.

Bebelac_BebeHero_Hi-5 (1)

“Orangtua direkomendasikan untuk memiliki momen eksklusif yang menyenangkan bersama anaknya setiap hari agar perkembangan emosi dan kemampuan sosial pada anak optimal. Khususnya bila momen tersebut dihadirkan dalam suasana yang menyenangkan antara orangtua dan anak. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan melakukan kegiatan yang disukai oleh anak, antara lain bisa dilakukan menggunakan musik dan tari sebagai sarana bermain dengan anak. Dimana interaksi orang tua dengan anak ada pada level playing field, yaitu keadaan saat interaksi berjalan akrab, hangat, dan berlangsung dua arah,” terang Roslina Verauli, M.Psi, Psikolog anak.

Lebih lanjut Verauli menambahkan, bahwa banyak manfaat yang bisa dihadirkan oleh musik dan tari. Dengan bermusik dan menari, khususnya antara orangtua-anak, perkembangan kemampuan komunikasi timbal balik dan berbahasa pada anak berkembang. Termasuk diantaranya kemampuan berempati yang merupakan salah satu ciri kompetensi emosional yang berperan besar bagi kemampuan keterampilan sosial. Keterampilan sosial ini contohnya kemampuan anak dalam bekerja sama dan menolong orang lain, kelak. Sementara kegiatan menari sebagai salah satu kegiatan yang melibatkan gerakan terkoordinasi, dapat merangsang hormon neurotrophins, yakni zat alami yang merangsang pertumbuhan sel saraf dan meningkatkan koneksi saraf pada otak yang menjadikan anak siap untuk belajar (menerima stimulasi yang diberikan oleh orangtua dan lingkungan).

Bebelac_BebeHero_Hi-5 (2)

Dan untuk mendukung para mama dalam membesarkan anak hebatnya, Bebelac mengadakan kampanye BebeHero Hi5 yang bertujuan untuk mengajak mama menstimulasi cepat tanggap (IQ) dan rasa peduli anak (EQ) melalui musik dan tari. Kampanye ini telah menjangkau lebih dari tiga puluh juta ibu di seluruh Indonesia dan melibatkan hampir 6000 Ibu yang mengirimkan video anak mereka berbagi cinta lewat hebatnya menari L.O.V.E dari Hi-5. Selain itu, momen ini juga dapat menjadi waktu berkualitas bagi ibu dan anak untuk menjalin kedekatan emosional dengan suasana yang menyenangkan.

“Bebelac percaya bahwa untuk membesarkan anak hebat yang tidak hanya pintar tapi juga memiliki rasa peduli, diperlukan stimulasi dan nutrisi yang sesuai dengan masa tumbuh kembangnya. Namun seringkali orangtua menghadapi tantangan dalam memberikan stimulasi yang optimal setiap hari. Untuk itu melalui kampanye, Bebelac menginspirasi para mama untuk membesarkan anak hebat dengan cara sederhana yaitu melalui musik dan tari,” ujar Andi Airin, Marketing Manager Bebelac, PT. Nutricia Indonesia Sejahtera.

Bebelac_BebeHero_Hi-5 (4)

Di penghujung kampanye, Bebelac telah memilih dua orang anak hebat yang telah menunjukkan cepat tanggap dan rasa pedulinya sebagai pemenang BebeHero Hi5 L.O.V.E dance competition. Kriteria penilaian yang dilihat antara lain kemampuan anak untuk menunjukkan kecerdasan intelektual atau cepat tanggap melalui gerakan tari L.O.V.E, kecerdasan emosi yang ditampilkan di video dengan menujukan tariannya untuk orang yang ia sayangi, serta momen kedekatan ibu dan anak.

Menariknya, para pemenang BebeHero Hi5 akan mendapatkan hadiah yang sangat spesial, yaitu bertemu dengan Hi5! Diharapkan, nantinya anak-anak pemenang BebeHero Hi5 ini dapat menambah wawasan akan musik dan tari sebagai salah satu permainan kognitif yang menyenangkan melalui meet and greet bersama Hi5 pada tanggal 25 Desember besok. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Bebelac)

Shares