Education

Ide Kreatif Isi Liburan di Rumah

By  | 

Manfaatkan liburan untuk melatih kreativitas dan kemandirian Si Kecil, Mamas. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi liburan sekolah?

1. Mendekorasi Kamar Tidur Anak
Ajak Si Kecil untuk menata kembali kamar tidurnya. Anda bisa membantu dengan memberikan beberapa gambar desain kamar tidur  sebagai ide kreatifnya. Biarkan anak memilih tema dan warna kamar tidurnya. Dengan mendekorasi kamar tidurnya sendiri, ia belajar untuk mengasah kreativitas dan tentu saja akan lebih semangat untuk merapikan kamar tidur. Selain itu, tambahkan juga meja belajar baru untuk menghiasi kamar tidur, agar ia lebih semangat belajar.

2. Menata Ulang Lemari Pakaian Anak
Kesal melihat lemari pakaian anak yang selalu berantakan? Nah, saat liburan sekolah di rumah ajak Si Kecil untuk merapikan lemari pakaiannya. Dengan belajar menata lemari, menyusun pakaian sesuai dengan fungsi dan kebutuhan maka ia akan terlatih kemampuan anak untuk mengorganisir. Selain itu, Si Kecil juga memahami bahwa dirinya bertanggung jawab terhadap isi lemari pakaiannya.

3. Mengenalkan Permainan Tradisional
Kalau selama ini anak tidak memiliki waktu untuk bermain sepuasnya, saat liburan sekolah Anda bisa memanfaatkan dengan memberi kelonggaran Si Kecil bermain. Anda bisa mengenalkan permainan tradisional yang mungkin saja selama ini tidak pernah dilakukan. Banyak permainan tradisional yang bisa mengasah kecerdasan anak, seperti bermain congklak, yoyo, layang-layang hingga kelereng.

4. Daur Ulang Kaleng Bekas
Untuk melatih kecerdasaan Si Kecil, Anda bisa mengajak anak untuk memanfaatkan benda di rumah untuk dibuat sesuatu yang bermanfaat. Misal, dari kardus bekas, Anda bisa menantang Si Kecil untuk membuat rak sepatu sendiri. Atau dari kaleng bekas susu, ia bisa membuat wadah untuk menyimpan perlengkapan menulisnya. Agar lebih menarik, berikan reward berupa bintang. Jika Si Kecil berhasil mengumpulkan bintang sebanyak 5 buah selama liburan,  belikan tas sekolah atau sepatu baru untuknya. Seru lho, Mams.

5. Berkebun
Siapa bilang berkebun harus memiliki halaman yang luas? Anda, bisa kok memanfaatkan teras rumah untuk mengajak Si Kecil berkebun. Kegiatan berkebun bisa dilakukan selama liburan sekolah untuk mengajarkan tentang konsep kesabaran dan ketekunan. Pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat, bisa memberikan bibit tomat untuk ditanam di pot. Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah ketika ia berhasil memetik buah tomat pertama hasil dari berkebun. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares