Health

6 Posisi Menenangkan Menjelang Persalinan

By  | 

Posisi standar yang disarankan oleh rumah sakit – rumah sakit saat menjelang persalinan adalah berbaring di tempat tidur. Padahal, saat Anda berbaring telentang, rahim menekan pembuluh darah utama, yang berpotensi mengurangi pasokan oksigen bayi dan membuat Anda pusing atau mual. Selain itu, ketika Anda berbaring, kepala bayi menekan saraf panggul di sacrum (tulang pada dasar tulang punggung), sehingga meningkatkan rasa sakit selama kontraksi.

Lalu bagaimana posisi yang ideal? Tetap dalam posisi tegak dan menyandarkan tubuh ke depan adalah cara ideal untuk mengurangi rasa sakit ketika kepala bayi terus-menerus menekan leher rahim Anda. Cara ini juga dapat membantu proses dilatasi terjadi lebih cepat.

Dan berikut ini adalah enam posisi yang patut Anda coba untuk meringankan sakit saat kontraksi, seperti dilansir dari Fit Pregnancy:

1. Swaying (aka Slow Dancing) 

new-labor-positions-2

Lingkarkan kedua tangan Anda pada leher atau pinggang suami dan bergeraklah seperti Anda sedang melakukan slow dancing. Ini adalah posisi yang tepat bagi suami untuk menenangkan Anda dengan pelukan sambil mengusap-usap punggung Anda.

2. Lunging

new-labor-positions-3

Letakkan salah satu kaki Anda ke atas kursi atau footstool, lalu arahkan tubuh Anda ke depan.

3. Squatting

new-labor-positions-4

Lakukan gerakan squat, dengan melakukan posisi berdiri sambil meregangkan kedua kaki selebar bahu. Pegang bagian belakang sandaran kursi yang stabil atau bersandar pada tembok. Lalu lakukan gerakan seperti hendak berjongkok. Tekuk kaki Anda hingga lutut mencapai sudut 90 derajat dengan posisi tumit tetap menempel dengan lantai. Jika anda kesulitan menekuk lutut menjadi 90 derajat, cukup lakukan serendah mungkin yang Anda bisa, kemudian kembali ke posisi berdiri seperti semula.

4. Rocking

new-labor-positions-5

Duduk di atas birthing ball dan ayun-ayunkan tubuh Anda di atasnya. Bila tak ada birthing ball, Anda juga bisa melakukan gerakan ini di kursi atau tepi tempat tidur.

5. Merangkak

new-labor-positions-6

Lakukan posisi seperti bayi yang akan merangkak di atas yoga mat, lantai, atau di atas tempat tidur.

6. Bersandar

Young pregnant woman doing pilates

Bersandarlah pada birthing ball, tempat tidur, atau suami Anda. (Tammy Febriani/YA/Photo: Istockphoto.com, Pop Sugar)

Shares