Health

Kenali Lebih Jauh Lemak Baik Untuk Si Kecil

By  | 

Mamas, apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat mendengar kata, Lemak Ya, jika mendengar kata ini biasanya akan mengacu pada hal-hal buruk seperti kegemukan, sumber penyakit, kolesterol dan lain sebagainya walaupun sebenarnya banyak hal baik lainnya dari si lemak ini sendiri. Lemak di butuhkan oleh tubuh sama hal nya seperti tubuh membutuhkan protein dan karbohidrat untuk pertumbuhan, yang perlu di perhatikan adalah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak merugikan kesehatan terutama pada Si Kecil.

Fungsi lemak untuk tubuh, antara lain:

  • Mendukung perkembangan dan fungsi otak, artinya lemak baik untuk kecerdasan anak.
  • Sebagai sumber energi yang bermanfaat membantu anak dalam menjalani aktivitas harian mereka sehingga tidak cepat lelah
  • Membantu peyerapan berbagai vitamin
  • Memberi rasa kenyang sehingga dapat mengurangi keinginan ngemil

Beberapa jenis makanan sumber lemak yaitu:

  1. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, mede dan lain-lain yang merupakan sumber nutrisi yang kaya lemak tak jenuh.
  2. Alpukat, lemak dalam buah alpukat dapat menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker mulut
  3. Algae dan tumbuhan laut lainnya dimana lemak yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi resiko peyakit jantung
  4. Mentega, lemak pada mentega berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh
  5. Ikan laut dan Minyak ikan, kaya akan omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak
  6. Kuning telur dan susu

Jaga keseimbangan antara lemak baik dan lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh agar Si Kecil terhindar dari resiko obesitas. Kenaikan berat badan secara berlebihan merupakan salah satu tanda bahwa lemak jahat lebih banyak dari pada lemah baik di dalam tubuh. Ajak anak untuk melakukan rutinitas harian yang banyak bergerak untuk mengurangi lemak jahat di dalam tubuh, alihkan keinginannya untuk ngemil dengan kegiatan lain serta jaga pola makan  dengan mengatur menu yang dapat membuat anak merasa kenyang sehingga  tidak banyak ngemil makanan lainnya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares