Health

5 Gejala Tubuh Saat Stres

By  | 

Studi: Wanita bereaksi lebih sensitif terhadap kemunculan hormon stres, meski dalam kadar minimal.

Mams, tahukah Anda bahwa sebenarnya, tubuh akan menunjukkan gejala atau tanda – tanda stres? Hal ini disebabkan oleh aktivitas impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, pelepasan hormon stres dan adrenalin ke dalam aliran darah juga bisa menyebabkan berbagai gejala fisik yang mengganggu seperti berikut ini.

1. Insomnia
Dari semua penyebab insomnia, tingginya kadar hormon stres dalam otak adalah yang paling umum. Atasi dengan rutin berolahraga dan relaksasi untuk menenangkan pikiran.

2. Rambut rontok
Salah satu kondisi yang terjadi saat stres adalah terjadinya gangguan autoimun ketika sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

3. Hilang nafsu makan
Stres dapat mengganggu kontraksi saluran pencernaan, menyebabkan peradangan dan risiko infeksi meningkat. Hal ini terjadi karena koneksi antara saluran pencernaan dan otak sangat kuat, sehingga saat syaraf otak mulai tegang, Anda akan merasakan berbagai keluhan pencernaan seperti mual atau kehilangan nafsu makan.

young woman Squeezing pimple looking on mirror

4. Jerawat
Minyak pada kulit akan diproduksi lebih banyak ketika seseorang dalam masa stres. Minyak tersebut akan menyumbat pori – pori kulit wajah, sehingga membentuk jerawat dan komedo.

5. Nyeri otot 
Di seluruh bagian tubuh, kondisi awal terjadinya stres akan membuat otot menjadi tegang, akibat dilepaskannya hormon stres dari otak.

Ada baiknya Anda mulai melakukan relaksasi rutin saat mengalami berbagai gejala fisik diatas, Mams. Olahraga rutin,  gaya hidup sehat dan berbagai aktivitas ringan lainnya dapat membantu meringankan gejala stress (Baca: Cara Selebriti Menghadapi Stress). (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares