Finance

Tabungan Pendidikan VS Asuransi Pendidikan

By  | 

Hi Mams! Jika saat ini Si Kecil sudah memasuki usia sekolah, maka saatnya Anda dan pasangan mulai memikirkan investasi dana pendidikan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, misalnya universitas. 2 pilihan menarik untuk mewujudkan impian ini, mana yang harus dipilih: Tabungan pendidikan atau Asuransi pendidikan? Berikut penjelasan perbedaan sekaligus plus minusnya untuk Anda:

Tabungan Pendidikan: 
1. Termasuk dalam golongan tabungan berjangka, yaitu produk keuangan khusus yang dikeluarkan oleh bank. Oleh karena itu, jenis tabungan ini telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jika nantinya bank tempat Anda menabung mengalami kebangkrutan, nilai tabungan yang tercatat akan tetap aman.
2. Memiliki jangka waktu investasi diatas 2 tahun.
3. Merupakan produk tabungan biasa yang bersifat konvensional dengan bunga tertentu.
4. Bunga yang disepakati menjamin kenaikan jumlah tabungan hingga akhir periode yang ditentukan.
5. Disarankan untuk investasi jangka pendek, karena bunga yang flat (berkisar 3-6%) tidak akan mengejar kenaikan prosentase dana pendidikan yang naik setiap tahun.

Expensive education
Asuransi Pendidikan: 
1. Bukan merupakan produk jaminan LPS. Asuransi pendidikan merupakan produk dari perusahaan asuransi yang menawarkan produknya lewat bank/agen penjual unit.
2. Jangka waktu investasi disesuaikan dengan kebutuhan.
3. Merupakan perpaduan kombinasi antara produk tabungan dan asuransi jiwa berjangka.
4. Tingkat keuntungan yang akan didapatkan akan dipengaruhi oleh kinerja dan risiko investasi yang bersangkutan, misalnya reksadana saham bergantung pada fluktuasi nilai dana investasi. 
5. Disarankan sebagai produk tabungan jangka panjang, minimal 10 tahun investasi, dengan prosentase bunga yang diberikan lebih besar yaitu 15-23% setiap tahunnya.

Nah, dengan perbedaan karakter serta plus minus kedua jenis tabungan tersebut, diharapkan Anda dapat memilih jenis produk pendidikan dengan lebih smart ya, Mams. Utamakan tujuan dan kebutuhan investasinya. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares