Beauty & Style

Atasi Kulit Kendur Usai Melahirkan

By  | 

Setelah melahirkan banyak wanita yang mengeluhkan kulit kendur, terutama di area sekitar perut.  Namun dengan perawatan yang  tepat  kulit yang kendur bisa menjadi lebih kencang.

Pasca melahirkan Anda tentu mulai disibukkan dengan berbagai hal baru sebagai ibu. Si Kecil pun menjadi prioritas baru. Bagaimana tidak, setelah sembilan bulan mengandung kini Anda bisa menatap langsung matanya dan menggenggam jemari mungilnya, rasanya semua pengalaman saat kehamilan dan persalinan lunas terbayarkan.

Namun dibalik semua kebahagiaan sebagai ibu, banyak wanita kerap mengeluhkan bentuk tubuh yang tidak seindah dulu dan kulit yang kendur. Bentuk tubuh sangat berkaitan erat dengan kandungan lemak, distribusi lemak di kulit, maupun distribusi lemak dalam cairan tubuh. Sementara kulit perut yang kendur berkaitan erat dengan otot perut yang belum pulih pasca persalinan, kandungan lemak pada kulit, dan elastisitas kulit itu sendiri.

Sebenarnya dengan perawatan tepat hal ini dapat diatasi, sehingga Anda dapat menjalani peran sebagai ibu dengan nyaman dan tetap tampil cantik. Anda dapat menggunakan jamu tradisional, atau jika ingin praktis dapat menggunakan krim pengencang kulit khusus pasca persalinan, atau mengkombinasikan keduanya. Sebaiknya, pilih krim dengan kandungan bahan alami yang mengencangkan kulit dengan aman dan mengandung cukup moisturizer guna memperbaiki tekstur kulit.

Berikut, tip mengencangkan kulit dan  mengembalikan bentuk tubuh;

  1. Bila melahirkan secara normal gunakan stagen dan gurita selama dua minggu setelah persalinan. Selebihnya cukup gunakan korset celana yang menutupi seluruh perut. Hal ini dimaksudkan untuk melatih otot perut sehingga proses pengencangan kembali dapat lebih cepat.
  2. Lakukan olahraga ringan yang menyenangkan. seperti yoga dan senam ringan, jalan pagi bersama Si Kecil sambil mendorong stroller pun bisa dijadikan salah satu alternatif.
  3. Perbanyak minum air putih. Selain mencegah dehidrasi, air juga bermanfaat untuk mempertahankan kelambaban kulit.
  4. Perbaiki kualitas makan. Makanlah dengan pola teratur, agar porsi makan dan nafsu makan dapat terkontrol. Ganti kebiasaan mengemil gorengan dan makanan kecil yang kurang sehat dengan buah, yogurt, dan buah kering yang lebih sehat.
  5. Gunakan beberapa produk yang dapat membantu proses penghancuran lemak pada lapisan epidermis kulit, dan mengembalikan kekencangan kulit pasca persalinan. (Yosi Avianti/Photo  : Various)

Shares