Health

6 Kebiasaan Baru untuk Menjaga Kehamilan tetap Sehat

By  | 

Makan makanan sehat, berolahraga, dan minum yang cukup sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda, baik sedang hamil ataupun tidak.  Selain itu, ada 6 hal lain yang patut jadi kebiasaan baru Anda selama kehamilan, guna menjaga kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan. Dengan melakukan beberapa hal berikut ini, Anda dapat mengurangi risiko mengalami nyeri, sakit, stres, dan tubuh pun jadi lebih bertenaga lho, Mamas to be.

1. Pilih minuman sehat.

Anda tak harus total menyingkirkan kopi dan soda dalam daftar minuman favorit Anda. Namun mengurangi porsinya adalah keputusan yang baik, karena kafein di dalam kopi dan gula di dalam soda dapat bersifat diuretic, yaitu zat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin yang menghalau zat-zat yang tidak diperlukan tubuh menjadi urin. Walau begitu, air mineral dan jus buah murni tetap jadi pilihan utama yang lebih baik dibandingkan kopi dan soda.

 

iStock_26740661_SMALL2

2. Healthy Snacking.

Bagi calon mama, makan tepat waktu sangatlah penting. Begitu pula dengan mengonsumsi camilan di sela-sela makan besar Anda. Biasakanlah mengonsumsi snack sehat ya, Mamas. Anda bisa meyimpan camilan-camilan tersebut di mobil, di laci meja kantor, atau di dalam kulkas. Dengan begitu, saat Anda lapar dan  tergoda untuk ngemil, Anda sudah punya persediaan snack sehat tadi dan tak akan tergoda untuk mencoba keripik tak sehat atau satu bar cokelat. Anda bisa memilih paduan snacks yang mengandung karbohidrat dan protein, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Seperti mix dried fruit and nutswhole-grain crackers atau cheese sticks, serta yogurt dengan granola. Beberapa jenis snack tadi dapat menjaga gula darah Anda tetap stabil lho, Mamas to be.

 

Pregnant women sleeping.

3. Cukup istirahat.

Kehamilan, bagi beberapa mama dijalani dengan cukup berat. Karena, selama hamil tubuh Anda secara otomatis berusaha membangun life-support system untuk janin. Dan untuk pertumbuhannya, janin menuntut banyak nutrisi dari tubuh Anda. Tak hanya itu, selama hamil  perubahan hormon di dalam tubuh juga turut memengaruhi Anda. Ketiga hal tadi dapat membuat Anda jadi mudah merasa lelah. Itu sebabnya, istirahat cukup sangatlah penting. Dengan cukup istirahat, Anda juga bisa mengurangi rasa mual, back pain, menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit kepala, dan juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Jadi, kenali tubuh Anda ya, Mamas. Saat Anda merasa lelah, terutama bagi calon mama yang bekerja, Anda bisa menyisihkan waktu istirahat makan siang Anda untuk tidur sebentar selama 30 menit. Di akhir minggu, Anda juga bisa mendelegasikan beberapa tugas di rumah kepada suami Anda, agar Anda bisa memiliki waktu untuk tidur siang.

 

Teeth floss

4. Menjaga kesehatan gigi.

Hormon kehamilan membuat mulut Anda lebih rentan terhadap plak dan bakteri, yang  dapat  menyebabkan gusi meradang dan berdarah. Flossing dan menyikat gigi secara rutin dapat membantu mencegah gingivitis (radang gusi) dan periodontitis, penyakit gusi yang lebih serius yang dapat meningkatkan risiko persalinan prematur dan juga pre-eklampsia. Untuk gusi yang sehat, bersihkan area gigi dan gusi dengan dental floss sekali sehari, dan sikat gigi dua kali sehari.

 

This is the best baby book

5. Lebih Relaks.

Anda yang super sibuk, bisa mulai membiasakan diri membuat to do list di hari itu. Dari situ Anda bisa membuat skala prioritas. Lakukan dari yang paling penting dulu, dan aktivitas lain yang tidak terlalu penting, bisa ditunda di hari berikutnya. Ini perlu Anda lakukan agar tak mudah stres akibat terlalu sibuk. Dan setiap minggunya, sisihkan waktu untuk bersantai, seperti mani-pedi, yoga, ataupun nonton bioskop.

 

Happy pregnant woman in water6. Berenang.

Semakin besar kehamilan Anda, semakin sulit bagi Anda untuk tetap bisa berolahraga. Jadi, siasati keterbatasan Anda dengan olahraga berenang. Baik melakukan swimming laps ataupun aqua aerobics, keduanya dapat meredakan nyeri atau sakit  yang seringkali dirasakan para calon mama di trimester akhir. Berenang juga dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares