Beauty & Style

Perlukah Menggunakan Pelembap Berbeda, Pagi dan Malam Hari?

By  | 

Mungkin di antara Anda, menggunakan pelembap yang berbeda di pagi dan malam hari adalah wajar. Sebenarnya, tidak ada salahnya memakai satu pelembap yang sama untuk pagi dan malam. Apabila memang ingin memakai satu produk saja, maka pilihlah day cream untuk dipakai sepanjang hari. Alasannya kenapa? Karena biasanya, day cream memiliki lebih sedikit active ingredients dan kandungannya tidak sekompleks night cream. Tekstur pun tidak sepekat night cream.

Tetapi,  tak ada salahnya juga jika Anda merasa kandungan setiap pelembap berbeda. Kenapa? Berikut ulasannya.

1. Pilih pelembap dengan antioksidan untuk pagi hari
Walaupun pada pagi hari yang dibutuhkan hanyalah tambahan sunscreen untuk melindungi dari UVA dan UVB, akan tetapi kandungan antioksidan dapat membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya untuk kulit. Anda lebih banyak berada di luar rumah pada saat pagi hingga sore hari, oleh karena itu penting untuk memilih produk pelembap yang mengandung antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit.

2. Gunakan pelembap yang lebih rich pada malam hari
Bukan hal yang aneh lagi kalau kebanyakan orang tidur dengan AC menyala di malam hari. Bayangkan Anda menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 10 jam di ruangan ber-AC. Sedangkan pada malam hari saat kita beristirahat, kulit kita bekerja maksimal memperbaiki kondisinya. Oleh karena itu kita memerlukan nutrisi lebih pada malam hari ketimbang yang dibutuhkan kulit di pagi hari. Selain itu, dengan memastikan kulit terjaga kelembapannya pada saat kita tidur, kita akan bangun dengan kulit yang sehat bercahaya.

3. Beberapa kandungan terurai oleh sinar matahari
Ingin memilih perawatan wajah yang memiliki kandungan tambahan untuk mengatasi masalah kulit? Coba cek apakah kandungan tersebut efektif dipakai di pagi hari. Kandungan retinoid contohnya, bekerja paling efektif pada saat malam hari karena kandungan tersebut akan melemah dan terurai karena sinar matahari, sehingga efikasinya dipertanyakan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares