Sex

Langkah Senam Kegel untuk Tingkatkan Performa Seks

By  | 

Seiring dengan bertambahnya usia, performa bercinta seringkali menjadi hambatan saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. Salah satu hal yang dapat Anda dan pasangan usahakan untuk meningkatkan gairah, serta kualitas seks adalah dengan melakukan senam kegel. Senam yang dikembangkan oleh seorang dokter ginekologi asal Amerika Serikat, Arnold Kegel sejak tahun 1940-an ini pada awalnya dimanfaatkan untuk membantu kelancaran proses kelahiran bagi para calon mama. Namun kini, semakin banyak pasangan yang merasa kualitas hubungan seksnya menjadi lebih baik setelah melakukan latihan kegel secara rutin. Tertarik untuk mencobanya?

Young woman lying on the yoga mat

Manfaat senam kegel 
1. Bagi wanita: Mengencangkan vagina dan otot panggul bawah yang sudah lemas karena proses persalinan atau karena faktor usia. Dengan vagina yang lebih kencang, penetrasi vagina pun akan terasa lebih memuaskan.

2. Bagi pria: Dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.

Langkah senam kegel
1. Kenali otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mengenali bagian otot yang menahan air seni; itulah yang disebut otot panggul bawah Anda.

2. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah & tahan hingga 5 detik, kemudian lepaskan.

3. Ulangi sebanyak 4-5 kali. Kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik.

4. Saat mengencangkan otot ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong, lalu tetaplah bernapas bebas.

4. Ulangi gerakan ini 3 kali sehari dengan pengulangan setidaknya sebanyak 3×10 kali. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares