Finance

Ide Bisnis Online Untuk Para Mama

By  | 

Hi Mams, tahukah Anda bahwa menurut data Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia, jumlah pengguna internet di Indonesia terhitung sampai akhir tahun 2015 kemarin sudah mencapai 88,1 juta orang atau sekitar 35% dari keseluruhan jumlah total penduduk, dengan mayoritas pengguna internet adalah perempuan (51%)? Fakta ini tentu memberikan kesempatan bagi bisnis online untuk tumbuh, Anda pun bisa ikut ambil bagian. Yuk, cari tahu apa saja ide bisnis online yang bisa Mama kerjakan, baik sebagai usaha utama maupun side job. Its the real ways to make money from home!

1. Toko Online
Tidak harus berbasis website, kini online shop berbasis sosial media seperti Instagram justru lebih digemari. Selain praktis, calon konsumen dapat dengan lebih mudah memanfaatkan paltform ini untuk berbelanja sekaligus mendapatkan informasi produk yang akurat. Tapi sebelum memulainya, pastikan mamas telah memiliki konsep yang kuat untuk membangun toko online ini, ya. Misalnya dalam bentuk garage sale.

Happy mother and funny baby taking purchases

2. EBook
Untuk Mamas yang gemar menulis, kini bisnis e book tengah berkembang, termasuk di Indonesia. Tulis kisah/ide cerita Anda dalam format PDF, lalu terbitkan dan jual ebook Anda melalui koneksi networking yang ada. Terdapat 3 pilihan cara bagi Anda untuk menerbitkan sebuah karya ebook, yaitu bekerjasama dengan situs marketplace pruduk digital, menerbitkan buku melalui layanan ebook publishing, atau menjualnya melalui website Anda. 

3. Video tutorial
Beberapa software gratis seperti CamStudio atau Community Clips dapat Anda manfaatkan untuk memproduksi sebuah video sederhana. Konsep ini cocok untuk Anda yang cukup ahli dalam memberikan tutorial hijab atau make up yang kini tengah digemari di kalangan penonton video online.

4. Blog
Membangun blog di era digital seperti ini tentu sangat pas untuk dilakukan. Tren menghasilkan uang melalui aktivitas blogging kini tengah menjadi incaran (Baca: Blogging, Peluang Bisnis Untuk Para Mama). Sebagai permulaan, tuliskan review beberapa produk berdasarkan pengalaman dan perluas koneksi networking Anda agar konten yang telah dimiliki dapat tersebar lebih luas. Ingat ya, Mams, kualitas sebuah blog turut ditentukan oleh jumlah visitor setiap bulannya. Jadi, tetaplah berkreasi untuk menghasilkan blog post yang berkualitas dan menarik. 

5. Jasa
Mamas yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, cobalah untuk menawarkan pelatihan dalam bentuk small classes. DIY gardening, kelas menulis, atau membuat mainan anak bisa jadi ide yang menarik untuk para calon konsumen. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares