Style

Cara Tepat Memilih Dot dan Botol Susu

By  | 

Mamas, Anda tengah bingung memilih botol susu bayi? Tidak tahu dot bayi mana yang harus Anda beli? Simak bagaimana sebaiknya Anda memilih, merawat dan menggunakan botol susu dan dot bayi berikut ini.

Pilih Botol Susu Berdasarkan Bahannya
Botol susu bayi ada yang terbuat dari kaca dan ada juga dari plastik. Keuntungan menggunakan botol susu dari kaca adalah mudah dibersihkan dan tahan panas serta tidak mengandung bahan kimia, namun botol kaca biasanya lebih berat dan mudah pecah. Sebaliknya, botol susu dari plastik kini sudah banyak yang terbuat dari bahan yang aman sehingga bisa jadi pilihan. Cara mensterilkan botol susu dari kaca atau gelas hampir sama, yaitu dengan direbus dalam air mendidih.

Pilih Botol Sesuai Usia
Produsen botol susu biasnya mencantumkan umur bayi pada produknya sehingga Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan umur bayi Anda. Botol-botol ini biasanya sudah didesain mengikuti perkembangan kemampuan anak saat meminum susu.

Beli Lebih Banyak Dot
Belilah dot botol susu dalam jumlah yang lebih banyak dari botol susunya karena saat sering dipakai maka dot biasanya suka pecah, sehingga harus stok banyak dot di rumah. Selain itu pilih dot dari bahan silikon atau karet karena bahan-bahan tersebut biasanya sangat fleksibel, sehingga memudahkan bayi saat minum susu.

Pilih Dot yang Lubangnya Kecil
Hal ini untuk memastikan bahwa air susu yang keluar dari botol tidak terlalu kencang yang bisa membuat bayi tersedak. Anda pun bisa lebih tenang dalam menyusui bayi Anda dengan dot dan botol susu tersebut. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares