Education

Trik Belajar Menggunakan Perlengkapan Makan

By  | 

Mams saat Si Kecil berusia 4 tahun, sudah waktunya Anda mengajarkan menggunakan peralatan makan yang benar. Jangan takut dengan meja berantakan dan noda dimana-mana ya karena semua itu merupakan proses belajarnya.

Yuk cari tahu cara melatih anak-anak menggunakan sendok-garpu, pisau-garpu, sumpit dan tangan langsung.

Menggunakan Sendok Garpu
Cara termudah adalah memberikan contoh secara langsung. Biasakan untuk berkumpul bersama di meja makan dan menyantap makanan menggunakan sendok dan garpu. Tarik perhatian Si kecil dengan memberikan sendok dan garpu yang berwarna-warni atau mempunyai gambar lucu, juga sesuaikan dengan ukuran tangannya agar anak tidak kesulitan menggunakannya. Latih kemampuannya dengan menggunakan makanan yang mudah diambil oleh sendok dan garpu seperti, pasta, sup, dan nasi.

Beralih ke Garpu dan Pisau
Untuk melatih kemampuan Si Kecil menggunakan pisau dan garpu, pilihkan peralatan yang kecil, bergagang pendek, dan berbahan plastik agar tidak menimbulkan cidera. Mulailah dengan menggunakan garpu untuk memindahkan makanan dari piring ke mulut. Jika sudah terbaisa, tunjukkan kepadanya cara memegang sepotong makanan dengan garpu dan mengirisnya dengan pisau. Kentang rebus atau goreng bisa dijadikan contoh makanan yang mudah diiris dan hindari memberikan makanan yang lembut seperti pisang karena mudah untuk ditusuk dengan garpu,

Menggunakan Sumpit
Pada usia 4 tahun, kebanyakan anak-anak  dapat mengatur gerakan jari yang dibutuhkan. Caranya dengan menjepitkan sumpit bawah ke dalam celah antara ibu jari dan jari telunjuk sehingga tidak mudah bergerak. Jari tengah dan jari manisnya juga berada dalam posisi menopang sumpit bawah. Katakan pada Si Kecil untuk menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk menggerak-gerakkan sumpit bagian atas. Setelah menguasainya, ajari untuk mengambil sepotong ayam atau brokoli, baru kemudian beralih ke makanan yang lebih kecil seperti mi atau nasi.

Makan dengan Tangan Langsung
Sediakan makanan yang mudah digenggam tapi tidak membuatnya mudah tersedak. Tunjukkan padanya tangan yang baik digunakan untuk makan adalah yang kanan. Latih kemampuan anak untuk melakukan gerakan menjepit dengan jari-jari dan bersabarlah dalam proses belajar ini. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares