Mendidik Si Kecil Melalui Permainan Edukatif

By  | 

“Children learn as they play. Its the highest form of research.”

Hi Mams! Tahukah Anda bahwa pada masa kanak – kanak, momen maksimal bermain biasanya terjadi pada rentang usia 2- 5 tahun? Di waktu tersebut, waktu bermain yang dianjurkan adalah 5 jam dalam sehari dengan komposisi bermain aktif dan pasif; mulai dari bermain sendiri hingga mendapatkan bimbingan dari kita sebagai orangtua. Di masa golden period ini pula, mereka akan mengalami perkembangan otak hingga mencapai 80%. Pembinaan yang tepat tentu sangat disarankan agar Si Kecil mendapatkan perkembangan yang baik secara emosional, mental, serta sosial.

Nah, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah melalui permainan edukatif. Tidak hanya akan membuatnya bermain dengan gembira, tetapi 2 jenis permainan rekomendasi Tim Smart Mama berikut akan memberikan berbagai manfaat ‘tersembunyi’ yang wajib mama tahu:PRODUCT_HIPPO_SPIN_&_SORTPlaygro Hippo Spin & Sort

Desain animal yang lucu dan full color berpadu dengan fungsinya yang dapat mengasah kemampuan Si Kecil untuk mempelajari cara memecahkan suatu masalah, yaitu dengan memasukkan bentuk ke dalam lubang yang sesuai. Its an trial/error (fun) game! Tuas bagian atas yang dapat diputar dan didorong akan membantu meningkatkan keterampilan motorik halus mereka. Sediakan waktu khusus untuk bermain bersama dan berikan penjelasan mengenai bentuk – bentuk geometri serta jenis warna.

playgro inside

Playgro 2 in 1 Light Up Music Maker

Mengajarkan konsep suara dan bunyi – bunyian kini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan! Mainan ini merupakan alat musik 2 in 1 yaitu berupa piano dan drum dengan 2 mode suara, yaitu musik dan binatang. Selain mempelajari rangkaian nada melalui 5 lagu yang berbeda, kemampuan motorik kasar Si Kecil juga akan terasah karena ujung jari dan telapak tangannya akan dilatih untuk memencet tombol serta memukul bagian atas drum. Menariknya nih, Mams.. lampu – lampu yang terdapat pada mainan akan menyala sesuai dengan irama. Super fun!

Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh anak – anak melalui bentuk permainan edukatif:
1. Melatih kemampuan motorik.
2. Mengenalkan konsep sebab akibat.
3. Melatih bahasa dan wawasan.
4. Mengenalkan wawasan dan bentuk.

Well, bermain memang bukan aktivitas baru bagi anak – anak. Yuk kenalkan kedua bentuk permainan diatas untuk Si Kecil, Mams! Caranya, share pengalaman momen bermain Anda dengan Si Kecil yang seru serta manfaatnya bagi mereka. 2 jawaban terpillih akan mendapatkan masing – masing permainan Playgro Jerrys Class yang kami sebutkan diatas. Pemenang akan diumumkan melalui akun sosial media @thesmartmamas pada tanggal 2 Oktober 2016. Good luck & have some fun, Mamas! (Nathalie Indry /KR/Photo : Playgro) 

Shares