Beauty & Style

Q&A : Cara Atasi Perut Gatal di Trimester Ketiga

By  | 

 

Q : Dear Smart Mama, saat ini saya memasuki usia kehamilan 9 bulan dan sedang mengalami gatal-gatal pada bagian perut. Adakah saran agar saya tidak terlalu sering menggaruk? Terima kasih. Pinaya, Mams to be.

 

A : Hi Mams Pinaya, gatal pada bagian perut adalah  salah satu keluhan yang akan sering dirasakan ketika kehamilan mulai menginjak usia trimester ketiga (6 – 9 bulan). Keluhan ini cukup mengganggu kenyamanan sehingga perlu mendapat perhatian serius. Pada beberapa kasus, keluhan gatal tersebut bahkan dapat menyebabkan risiko yang cukup fatal. Oleh karena itu, pemahaman mengenai penyebab serta cara mengobati perut gatal saat hamil harus Anda kuasai untuk mempersiapkan diri dalam menghadapinya.

Penyebab perut gatal saat hamil dapat timbul sedikitnya karena 3 penyebab yaitu kulit kering, garis stretchmark, serta karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Tingkat kegatalan dari masing-masing penyebab ini cukup bervariasi. Yang paling parah adalah gatal yang disebabkan oleh perubahan hormon. Gatal di perut karena penyebab ini bahkan pada beberapa kasus sering ditemukan hingga mengakibatkan timbulnya bengkak, ruam, dan bercak merah terutama pada ibu hamil yang mengandung janin kembar atau mereka yang hamil pertama kali.

Untuk mengatasi gatal di perut karena kulit kering dan garis stretchmark, Anda dapat mengoleskan beberapa lotion pelembab atau minyak nabati ke sekitar perut yang gatal. Cara ini efektif untuk mengurangi luka akibat garukan dan meringankan rasa gatal. Untuk mengobati gatal karena kelebihan hormon, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan salep tropis dan antihistamin. Gejala gatal karena kelebihan hormon dapat dikenali dengan timbulnya gatal yang menyebar hingga lengan dan paha. Selain dengan teknik pengobatan di atas, gejala gatal pada ibu hamil dapat diredakan beberapa tip berikut ini;

  • Memperbanyak konsumsi sayur, buah, dan air putih, mengingat bahan-bahan tersebut sangat baik untuk menjaga kelembaban tubuh secara alami.
  • Pilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat, mengingat biasanya ibu hamil memproduksi keringat lebih banyak dibanding wanita yang tidak sedang hamil. Oleh karena itu, ia akan sering merasa kepanasan dan berkeringat, sehingga memacu timbulnya gatal-gatal di kulit. Bahan pakaian terbaik bagi ibu hamil adalah bahan katun.
  • Mandi dengan air dingin dan hindari mandi dengan air panas atau hangat. Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang ber-pH rendah, misalnya sabun bayi. (Yosi Avianti/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares