Health

Aturan Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

By  | 

Selain relatif mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan alat dan persiapan lain yang merepotkan, jogging dapat dilakukan dimana saja dan praktis tanpa biaya. Tapi tahukah Anda bahwa jika dilakukan dengan tepat, olahraga ringan ini akan memberikan berbagai manfaat? Khususnya bagi Anda, Mamas yang ingin berkonsentrasi menurunkan berat badan paska melahirkan. 

young woman runner warm up outdoor

Jika dilakukan secara rutin, jogging tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga membakar kalori dengan cepat di terutama di bagian perut, pinggul dan pinggang. Tapi sebelum memulainya, pastikan Anda memerhatikan hal – hal berikut, ya:

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan
Luangkan waktu sekitar 3-5 menit untuk tubuh mempersiapkan organnya saat akan berlari. Begitu pula saat akan mengakhiri sesi jogging, berjalanlah dengan cepat selama 5 menit kemudian lakukan peregangan. Hal ini menjadi penting, karena jogging memaksimalkan kinerja otot selama proses berlangsung; sehingga perlu mendapatkan langkah persiapan yang cukup terutama di bagian kaki dan perut.

2. Perhatikan posisi tubuh
Bentuk/posisi tubuh bagian atas yang tidak benar saat jogging dapat menyebabkan nyeri pada lengan, bahu, leher, dan punggung. Perhatikan posisi tubuh yang benar: Lengan berada pada sudut 90 derajat dengan siku di sisi tubuh. Jaga postur tubuh tetap tegak dan berlarilah dengan perlahan. Posisi tubuh yang benar akan membuat proses kerja otot maksimal selama olahraga, terutama pada bagian dada dan perut. 

3. Atur ritme pernapasan
Jogging dalam intensitas sedang, 6-8 km per jam sangat disarankan untuk menjaga ritme napas agar tetap teratur. Yang perlu diperhatikan, tubuh harus merasa nyaman saat hendak menarik dan membuang napas. Sebisa mungkin, jangan sampai membuat napas Anda tersengal.
4. Teratur
Untuk hasil penurunan berat badan yang maksimal, lakukan olahraga ini dengan rutin setidaknya 150 menit per minggu atau 3 x seminggu dengan waktu 30 menit setiap sesi latihan.

5. Perhatikan kecukupan cairan
Konsumsi air putih 30 menit sebelum jogging, dan berhentilah di tengah sesi untuk kembali mengkonsumsi air putih setidaknya 250 cc. Selain menghindari dehidrasi, berikan waktu break untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berat. Anda dianjurkan untuk kembali mengonsumsi karbohidrat dan protein 1 jam setelah waktu berolahraga selesai. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares