Mind

3 Cara Ciptakan Mindset Sehat Saat Hamil

By  | 

Saat tengah mengandung, berbagai cara pasti akan Anda lakukan untuk menjaga kesehatan diri dan janin ya, Mams. Selain tetap  beraktivitas untuk menjauhkan pikiran dari stres, penting lho bagi Anda untuk melatih mindset agar dapat selalu berpikir sehat. Sehingga apapun yang akan dilakukan selama masa kehamilan dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh USDA Human Nutrition Research Centre, US, mengemukakan bahwa mindset/pola pikir adalah kunci utama bagi seseorang untuk dapat selalu menjaga kesehatan tubuhnya.


Pregnant woman and her pet dog doing yoga at home
Berikut adalah langkah utama yang bisa Anda coba untuk melatih healthy mindset yang penting untuk dimiliki para calon mama:
1. Tentukan goal
Tidak hanya tubuh, tetapi juga harus menyehatkan janin dalam kandungan. Sehingga apapun yang akan Anda konsumsi, lakukan, dan pikirkan hanya yang bersifat positif serta bermanfaat. Go try yoga/pilates untuk mengisi waktu me time selama hamil agar terhindar dari stres (Baca: Me Time Sehat dengan Olahraga).
2. Belajar dari kesalahan
Jika selama ini Anda terlanjur tidak memperdulikan aturan konsumsi makanan sehat, segera switch pola pikir negatif tersebut menjadi sebaliknya. Pikirkan selalu bagaimana caranya mengawali pagi dengan kebiasaan sehat setiap hari. Melakukan yoga di pagi hari selama 15 menit secara kontinu dapat membantu menenangkan pikiran sekaligus meregangkan tubuh. Have you tried..?
3. Say it!
Cara lain yang paling ampuh untuk melatih mindset adalah dengan mengucapkannya. Biasakan mengucapkan kalimat yang sekaligus berfungsi sebagai doktrin positif, misalnya “Aku bisa hidup lebih sehat mulai dari sekarang!” Lakukan hal tersebut terus menerus selama minimal 1 bulan & lihat hasilnya. Psikolog Liza Marielly Djaprie mengungkapkan bahwa cara ini memiliki potensi keberhasilan yang tinggi, karena dapat melatih alam bawah sadar serta otak untuk mencapai tujuan yang diucapkan. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares