Interior Design

5 Cara Menghalau Bau Masakan dari Rumah Anda

By  | 

Beragam makanan lezat yang Anda olah di dapur tentunya menimbulkan bau masakan yang sedap dan menggugah selera. Namun saat makanan habis disajikan, kok baunya tak juga hilang dari ruangan dapur hingga ruangan lainnya ya, Mamas? Tentunya ini membuat Anda dan keluarga merasa tak nyaman. Apalagi bagi Anda yang tinggal di apartemen. Untuk mengatasi hal ini, berikut 5 tip bagaimana mengurangi bau masakan di dapur yang bisa Anda coba, Mamas.

  1. Tutup pintu kamar dan lemari pakaian.Kain mudah menyerap minyak dan bau, Mamas, dan tentunya tidak dapat dibersihkan dengan mudah. Jadi tutuplah pintu kamar tidur dan pintu lemari pakaian sebelum memasak, untuk memastikan bau dan minyak saat memasak tidak memenuhi kamar tidur dan menempel di pakaian Anda.
  2. Ventilasi udara yang cukup.Cara terbaik untuk menghalau bau masakan adalah dengan ‘mengusir’ keluar bau tersebut dari rumah Anda. Bila Anda tak memiliki cooker hood, alat penghisap asap yang digunakan untuk menyingkirkan asap, uap, dan bau yang timbul karena proses masak-memasak di dapur, maka cukup buka jendela dan tambahkan kipas angin agar sirkulasi udara cepat terganti. Menggunakan air filter juga dapat menghalau bau masakan dari rumah Anda kok, Mams. Jangan lupa mengganti filternya secara berkala ya.
  3. Segera bersihkan.Setelah selesai memasak, segera bersihkan cipratan-cipratan minyak di atas kompor dan meja. Begitu pula dengan perlengkapan masaknya, cuci semua panci berlemak dan peralatan lainnya yang Anda gunakan tadi.
  4. Didihkan beberapa bumbu.Rebus rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh dan kulit jeruk di atas kompor. Ini bisa jadi penyegar udara alami dan menghilangkan sisa bau masakan Anda tadi.
  5. Gunakan cuka.Tuang cuka dalam mangkuk di atas meja pada malam sebelum Anda tidur. Selain cuka, Anda juga bisa menggunakan baking soda atau bubuk kopi yang bisa menyerap bau membandel ini. Keesokan pagi nanti, bau masakan yang mengganggu akan lenyap. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares