Finance

Rencanakan Dana Kurban dengan 3 Cara Ini

By  | 

Hi Mams, momen hari raya Idul Adha sudah tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda mempersiapkan berbagai kebutuhan menjelang hari besar tersebut, termasuk urusan finansialnya? Agar tidak mengganggu Cash flow keluarga, financial planner  Tejasari Asad dari Tatadana Consulting menyarankan agar Mamas dan keluarga mempersiapkan dengan cermat dana berkurban setiap tahunnya.

Animal Market in istanbul

Berikut adalah 3 cara yang dapat Anda pertimbangkan, dengan perkiraan kenaikan harga hewan kurban sebesar 10% setiap tahunnya:

1. THR/Bonus
Sebaiknya, dana berkurban memang dipersiapkan sejak 1 tahun sebelumnya &  sama sekali tidak mengganggu perencanaan keuangan keluarga per bulan. Sisihkan dana dengan kisaran 3 juta untuk hewan kurban kambing dan 15 juta untuk hewan kurban sapi.

2. Cicilan Per Tahun
Dengan prediksi kenaikan harga sebesar 10% setiap tahunnya, Mamas sudah bisa merencanakan kebutuhan dana untuk beribadah kurban di tahun mendatang. Sisihkan cicilan dengan kebutuhan jumlah uang per bulan melalui tabungan khusus/dana darurat yang tidak akan diambil selama waktu menabung. 

3. Reksadana Pasar Uang
Jenis reksadana ini dianjurkan karena sifatnya yang liquid dan dana dapat diambil kapan saja tanpa dikenakan denda. Mamas juga dapat memulai investasi mulai dari Rp 100.000 dan membelinya di Bank/melalui manajer investasi.

Dengan persiapan yang lebih matang, Mamas dan keluarga dapat meniatkan berkurban setiap tahunnya tanpa khawatir dana tersebut akan mengganggu kebutuhan keuangan sehari – hari. Selamat merayakan hari raya Idul Adha! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares